Senin, 26 Februari 2018

MPASI Eleanors: Finger Food & BLW, 8 months

Buka buka feeds instagram trus nemu foto catatan MPASI Eleanors dengan caption "spoiler for the next post".
Ada ya orang nulis aja belum tapi udah bikin spoiler, tepok jidat.
Padahal hampir nggak ada waktu kalau nggak nyempetin banget.
Tapi ya sudah kita cicil aja ya pelan pelan.


Gue lihat catatan makan mereka sampai hari ke 240 itu rasanya seneng sama sedih.
Seneng karena di situ tertulis mereka makan banyak.
Sedih karena apa coba.
Hari hari setelahnya udah kayak disaster.

Eleanors sakit guys.
Demam batuk pilek.
Kasian.
Dan itu ngaruh ke makan mereka.
Ya udah nggak bisa maksa kan mereka harus habis makannya.
Di satu sisi harus struggling ngurus mereka pas sakit itu.
Then bisa ditebak, emaknya ikutan meriang, wakakak.

Yeah gue sih nggak memungkiri pasti ada aja cobaan buat emak emak.
Termasuk gue salah satunya.
Sekuat mungkin gue berpositif feeling tetep aja bakal diuji.

GTM.
Tiga huruf horor yang menghantui emak emak.
Tiga huruf yang bikin emak rela jungkir balik.
Tiga huruf yang punya kekuatan bikin rambut kusut emak makin ruwet.
Dan gue mengalaminya.
Si adik ini emang dari awal agak drama makannya.
Positif gue sih dia pengen mandiri.
Yelah bayik cicit cuit mau mandiri gimana sik.
Etapi nyatanya begitu lho.
Jadi dia itu susah banget disuapin, entah pake sendok, entah sendoknya digonta ganti, bahkan pake tangan emaknya pun dia mager.
Namun lain halnya ketika itu makanan dia pegang, dimasukkin mulut coba sodara sodara.
Dia makan sendiri.
Dia mandiri.
Tepok jidat jilid dua.

Nah berhubung gue harus jungkir balik buat mengondisikan makan mereka pasca sakit, maka apapun gue lakukan asal mereka makan.
But, gue nggak mau maksa, apalagi sampai drama nangis nangis.
Jadilah gue nyoba ngasih mereka finger food.
Itulho makanan yang bisa digenggam sama bayi.

BLW ala ala gitu.
BLW apaan mak?
Itu singkatan baby led weaning.
Jadi si bayi dibiarin milih dan makan sendiri.
Plus minus dan pro kontra banyak lah pasti.
Cuma kalau anak gue nggak makan emang elu mau nanggung?
Apa apa kan salah emaknya ya gengs?
So ya udah sekalian aja emaknya do something crazy, yang penting anaknya makan.

Dan nyatanya mereka mau makan!
Porsinya setelah gue itung itung malah jauh lebih banyak daripada pas makan bubur.
Bayik bahagia, emak apalagi.
Hemat waktu, hemat tenaga, hemat cucian, hemat sabun, hemat stok sabar, dan lain sebagainya.
Gimana nggak bahagia?

Gue cuma nyiapin sayur protein karbo, potong ukuran korek api gedean dikit, kukus, makan.
Udah gitu doang.
Misal kentang, gue kasih biar mereka genggam, trus secara naluriah mereka masukin mulut.
Then pertanyaannya, emang mereka bisa ngunyah?
Emang sih mereka belum muncul giginya, tapi jangan salah, gusi mereka itu kuat lho.
Dan lagi, jangan underestimate anak, mereka itu jenius!
Kita bahkan kadang nggak nyangka kan anak anak itu kok bisa ini ya kok bisa itu.

Eleanors bisa ngunyah dan bisa nelen di umurnya yang baru 8 bulan.
Alhamdulillah, masyaAlloh kan.

Tinggal emaknya yang jadi pengawas.
Fokus ngeliatin ada potongan yang kebesaran nggak.
Fokus merhatiin mereka keselek atau nggak.
Kapan mereka butuh minum.
Kapan mereka dikasih selingan cemilan atau buah.
Ya gitu, nggak ada ceritanya emak nganggur.
Tapi selonjoran dikit bisa si, hahaha.





Next ngomongin cemilan, karena mereka udah bisa makan macem macem, pengen sekali kali emak bikinin cemilan.
Yang gampang aja, ndak ada waktu emak tuh.
Jadi kemarin sempet bikin biskoat, biskuit oat.
Gampang sih tinggal cemplung, uleni, cetak, panggang.
Cuma ya karena tanpa gula garam, di emak sih hambar, haha.

biskoat

Ya sudah, emak mau nyari nyari resep cemilan buat eleanors.
Tapi biasanya sih nyari doang, abis itu jadi wacana, hedeh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar