Jumat, 25 Agustus 2023

perdana ujian, siapa yang keliyengan?

alhamdulillah legaaa

abis apa hayoo? 
wkwkwk

jadi ceritanya.. dua hari kemarin, Rabu dan Kamis
karena nulis ini Jum'at, entah kapan posting-nya haha

Rabu Kamis kemarin perdana eleanors penilaian
kalau kata orang mah ulangan, hehe

sekarang sih bisa haha hehe
pas kemarin, spanneng abis gess huhu
soalnya pengalaman baru banget kan
yang bingung gimana nanti
yang bingung bocahnya piye
yang bingung gurunya paham nggak
ya secara anak TK, ngomongnya aja kadang hanya dia dan hatinya yang tau
hahaha mengsedih

intinya aku sebagai mamah guru, sungguh merasa aku lah yang akan diuji
makanya aku yang spanneng
anaknya tentu saja ngang ngong ngang ngong
wkwkwk

memang kok, orang dewasa kenapa cepat tua
ya karena kebanyakan mikir melampaui batasnya
padahal ya tinggal dihadapi aja ya kan
ekspektasi berlebih itu yang bikin berat
membebani diri sendiri

lalu bagaimana akhirnya ujiannya?

alhamdulillah bisa terlewati

apakah sempurna?

tentu tidak

apakah aku kecewa?

sama sekali tidak

meskipun sekuat apapun aku berharap mereka akan seperti aku, yang prepare habis-habisan buat ulangan, nyatanya aku nggak mau mereka jadi kayak aku kehidupannya..
aku mau mereka bahagia dan menikmati prosesnya..
the thing that i had never felt..

satu-satunya hal yang ku persiapkan banget untuk ujian eleanors adalah set up mic dan speaker "baru"

selama ini mereka belajar pakai laptopku yang sudah berusia lanjut, dimana mic-nya rusak, dan tentu saja perlu ekstensi alat
awalnya pakai speaker sekaligus mic yang wireless
namun ternyata suara eleanors nggak terdengar jelas saat kelas online

tentu aku kasihan kan kalau anak-anak udah susah payah jawab pertanyaan, udah menghafal sedemikian banyak, eh pas ujian nggak kedengaran suaranya
jadilah ku coba pake speaker dan mic kabel biasa

alhamdulillah bisa, bahkan dapat apresiasi dari gurunya
karena gurunya bisa mendengar suara eleanors yang "renyah"
intinya lebih jelas lah suara mereka, alhamdulillah

well
hari Rabu, ujian pertama
murojaah akbar, segala aspek diniyah direcall

ssttt sejujurnya aku nggak tau, ini dinilai atau nggak
soalnya nggak ada kata "penilaian" dan sebagainya
tapi kayaknya sih dinilai ya.. wkwkwk

eleanors dipanggil satu-satu
menyetorkan surat Al Ma'un, yang baru saja mereka hafal full setelah 4 pekan
padahal ujiannya di pekan 5, sungguh alhamdulillah masih kekejar hafalannya
huhu aku kapan-kapan cerita deh proses menghafalnya eleanors ya

setelah itu, setoran hadis, dan doa
cukup lancar, aku nggak mau maksa lebih
karena memang sepadat itu hafalannya
jadi apapun hasilnya,
mereka sudah sangat membanggakan bagiku

nah yang terakhir hafalan mufrodat
ini aku bisa push mereka hafal di luar kepala
karena mereka alhamdulillah cepet banget nguasai
cuma memang harus sering diulang
karena kosakata-nya banyak, dan beberapa pelafalan terdengar mirip
ya
eleanors ngafalin mufrodat atau kosakata bahasa Arab hanya dari mendengarkan

mendengarkan dari mamah guru, yang juga baru belajar saat itu
hahaha ya Allah gurunya amatir
alhamdulillah biidznillah bisa terlewati
pokoknya selama masih bisa dipelajari, gasss aja

target dari proses penilaian kemarin,
bagiku adalah mereka belajar hal baru
mereka bisa menjawab pertanyaan karena mereka belajar
karena mereka mau berusaha menghafal, mau mendengarkan instruksi

mereka juga belajar, kalau mereka punya ilmu mereka bisa menjawab
mereka juga belajar kalau menghadapi orang lain itu tidak sulit dan semenyeramkan itu

pada akhirnya semoga mereka akan jadi pribadi yang jauh lebih baik dari ibunya..



mohon maaf kenapa endingnya jadi galau, wkwkwk
part ujian hari kedua dilanjut kalau rame
apanya yang rame, hahaha

sampai sini dulu yaa, bayi sholih udah bangun
hoaahm kapan tidurnya aku ya xp

right after ujian, langsung ikutan ayahnya ke Jakarta.. sungguh impulsif, nggak ada persiapan sama sekali, padahal Cibinong Jakarta tuh kan bukan cuma main ke gang sebelah, wkwkwk random abis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar