Selasa, 31 Oktober 2023

nyatanya aku yang salah

dulunya aku berpikir bahwa belajar untuk diri sendiri itu hal yang paling susah

nyatanya, mengajari orang lain itu jauh lebih sulit

itu yang sedang aku alami beberapa waktu terakhir ini,

mengajari duo eleanor sekolah umum dan juga aspek diniyah (hafalan surat pendek, hadis, doa, kosakata bahasa Arab)

merupakan hal yang sangat tidak yakin aku bisa melewatinya,

tapi aku tidak punya pilihan lain..

mau tidak mau harus aku

mau tidak mau aku harus bisa

tapi nyatanya, mereka lah yang bisa


aku, terlalu menyepelekan kemampuan anak-anakku sendiri

harusnya aku percaya, dan jadi orang pertama yang yakin sama mereka

memang ibu yang sungguh tidak kompeten

mau sedih kok tambah nggak berguna aja waktunya


makanya aku beranikan diri untuk memulai,

bukankah tidak akan ada karya ke-100 jika karya ke-1 tidak pernah ada,

bukankah tidak akan ada ayat ke-9 jika ayat ke-1 pun tidak berhasil dihafal


dan harus dimulai.. sekarang juga

kita berkejaran dengan waktu


maka ayo mulai aja

coba aja

bukankah kemarin-kemarin juga bisa?

yang ini juga bisa, pasti

bismillah..


*ditulis saat ini, saat eleanors dapat tugas menghafal surat Al Humazah, dimana lagi-lagi aku takut mereka kesulitan dan tidak bisa.. nyatanya mereka bisa menghafal satu ayat sehari.. benar-benar dari nol, benar-benar hanya mendengar dari mamahnya..

masyaAlloh masyaAlloh.. anak-anak sholihah aku 💐



Tidak ada komentar:

Posting Komentar