Rabu, 13 Juni 2012

Tugas Sistem Informasi Manajemen Keuangan


11 Juni 2012
Keamanan Sistem Informasi


Apa Cyber crime?
Berasal dari bahasa inggris yaitu kata cyber dan crime. Cyber yang artinya dunia maya, dan crime yang berarti kejahatan. Sehingga terjemahan bebasnya adalah kejahatan dunia maya.
Ya kalau panjangnya, cyber crime itu semua kegiatan di dunia maya atau menggunakan jaringan internet sebagai unsur utama yang menyebabkan kerugian pada pihak tertentu. Contoh umum dari cyber crime adalah penipuan online, pengambilan data untuk keuntungan pribadi, pembobolan atm dan lain-lain.


Apa Digital Signature?
Dari asal kata digital signature yaitu bahasa inggris, jika diterjemahkan secara bebas berarti tanda tangan digital.  Jadi singkatnya digital signature adalah pembubuhan tanda tangan digital atau sekedar tanda digital di atas dokumen digital yang kita buat. Pembubuhan ini melalui proses enkripsi dengan mengggunakan kunci-kunci rahasia yang dimiliki oleh orang yang mengirim dan menerima dokumen dalam bentuk pesan. Lalu setelah dokumen digital sudah ter-digital signature maka dokumen tersebut sudah pasti hasil tulisan kita yang menjadi tanggungjawab dan hak cipta kita.
Fungsi dari digital signature ini jelas unuk menunjukkan keaslian suatu dokumen. Karena dengan adanya kunci rahasia sebuah tanda tangan digital yang dipegang oleh pengguna spesifik, maka tanda tangan yang valid itu menunjukkan bahwa pesan tersebut dikirim oleh pengguna yang bersangkutan.  Jadi suatu dokumen yang memiliki tanda tangan digital bisa memberitahukan siapakah pemilik hak cipta atas dokumen tersebut.

Apa Social Engineering?
Lagi-lagi menggunakan metode yang sama yaitu asal kata social engineering. Social berarti sosial, dan engineering dapat diartikan keahlian teknik. Sehingga arti kasarnya adalah keahlian teknik sosial, maksudnya di sini adalah kemampaun seseorang untuk ‘mempermainkan’ orang lain di suatu lingkungan sosial sehingga orang tersebut bisa mendapat informasi atau hal-hal rahasia orang lain.  dengan kata lain orang tersebut melakukan penipuan, dan  umumnya dilakukan melalui telepon atau Internet.
Kenapa yang diserang justru orangnya langsung? Hal ini dikarenakan manusia adalah aspek paling lemah dalam sistem jaringan komputer, ya karena manusia terkadang ceroboh, gampang panik dan terburu-buru. Sehingga seaman apapun jaringan sudah terlindungi tetapi jika manusianya dengan tidak sengaja memberikan kunci pengaman pada orang lain tanpa pemikiran yang matang maka keamanan secanggih apapun bisa terbobol.

Perbedaan hack dan crack
Setau saya hack dan crack itu kegiatan yang sama, yaitu sama-sama membobol data milik orang lain menggunakan suatu program atau software tertentu. Lalu bedanya? Perbedaannya ada pada tujuan dari kegiatan itu, kalau hack yang dilakukan hacker justru bertujuan positif. Hacker (orang yang melakukan kegiatan hack) ini membobol suatu sistem tidak untuk merugikan orang lain. Mungkin untuk contoh misalnya membobol akun teman untuk memberitahukan kalau ada aplikasi yang merugikan dalam sistemnya, dan dengan mengetahui suatu informasi dapat digunakan untuk memperkuat pengamanan sistem milik sendiri. Sedangkan crack lebih ke tujuan negatif karena cracker (orang yang melakukan kegiatan crack) membobol data pribadi orang lain untuk mengambil keuntungan, sehingga merugikan orang lain. Contoh crack adalah pembobolan rekening bank orang untuk keperluan pribadi.
Dari sedikit pemahaman tentang hack dan crack tersebut diharapkan menjadi koreksi atas salah kaprah yang terjadi di masyarakat umum tentang penggunaan kata hack. Karena ketika suatu akun dibobol dan ada perubahan yang merugikan, langsung disebut kalau akun terkena hack padahal harusnya crack.


Sumber-sumber :
http://www.mansaba.sch.id/web_saba/komputer/189-perbedaan-hacker-dan-cracker.html
id.answers.yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar