Jumat, 23 September 2016

Bikin bakso anti ribet

Halo, selamat pagi, assalamualaikum..
Barokah sekali ya saya pagi-pagi.
Well ini nulisnya sambil di sela potong kuku, entah ya namanya tiba-tiba pengen nulis ya nulis aja, daripada daripada kan.
And then what will i share this morning?
Share tentang masak-masak aja yuk, udah lama perasaan gue nggak nulis tentang masak.
Dulu pas lagi masa-masa nunggu di rumah, gue banyak nyobain menu-menu gampang buat dimasak, then gue tulis. Sekarang, dih boro boro masak, bisa bangun pagi dan nggak ketinggalan kereta aja udah alhamdulillah banget. Perjuangan gue dan beratus orang di Jabodetabek tiap harinya. Ya sudah lah, semoga segera berbenah ya KAI.

Mari kita mulai ceritanya saja, jadi gini, kemarin kan abis Idul Adha tuh, bagi-bagi daging kan ya, dapet deh tiga bungkus alhamdulillah ya manten baru nggak pernah masak dapet tiga bungkus, kelar lu. Hahaha~
Bungkusan pertama, daging domba, gue sulap jadi rendang, ya dimasak lah nggak mungkin main cling. Iya, gue yg masak. Dududuuu~
Bungkusan kedua rencananya pengen dibikin bakso, tapi harus kepending seminggu karena alat gilingnya nggak sampe-sampe. Sekalinya sampe, eh nggak bisa dipake. Failed seller pokoknya, busuk. Tuh buat yg jualan, jangan kayak gitu, dosa lho bikin orang sebel. Trus gue malah misuh-misuh.

Jadi ceritanya, gilingan dagingnya itu nggak match antara engkol sama bodynya, nggak bisa nyolok dan pastinya nggak bisa buat nggiling.
Gue udah komplain berbusa-busa, eh sellernya kayaknya nggak sampai otaknya, malah dia muter muter ngasih alasan. Ya udah lah ya, Alloh yg balesin nanti.
Trus gimana dengan gue dan si cinta yg udah mupeng banget bikin bakso?
Kita kan alumni sebuah sekolah tinggi sebut saja STAN (now PKN-STAN), yg mana orang-orang sana itu kreatifnya banget banget, maka dari itu kita menemukan cara, aha!
Pake blender.
Yep blender biasa.

Gue ini kan penganten baru, baru beberapa bulan tepatnya haha, banyak kado kan dikasih orang-orang alhamdulillah, salah satu kadonya itu blender. Kita tau kan ya klo blender itu ada dua jar biasanya, yg gede biasa buat jus sama yg kecil biasa buat bumbu-bumbu gitu.
Nah sekarang blender itu bertambah tugasnya, sebagai penggiling daging.
Sebenernya bisa kok itu, cuma tipsnya dagingnya motongnya kecil-kecil, trus kayak semacem otot apa lemak itu yg putih-putih susah dipotongnya, itu harus dipisahin dulu, kalo enggak ntar nyangkut di pisau blendernya.

Kalo dagingnya udah dihalusin, tinggal campur-campur sama bumbu, sama tepung, kasih air dikit.
Resepnya sih banyak ya bertebaran di internet, tinggal disesuaiin mau bikin yg kayak apa. Kalo gue sih udah pasti yg nggak ribet, nggak pake pengawet, dan enak. PeDe banget ya gue, segala bilang enak. Eitss, itu penting lho.

Kalo yg udah ngikutin blog gue pasti tau kalo gue itu menganut positive feeling banget, bukan positive thinking lho ya beda. Jadi, yakinkan hati kalo semuanya baik-baik aja, bakal lancar, bakal enak. Termasuk sebelum masak ini. Gue yakin cuma begitu begitu doang kok, bisa lah.
Nyatanya, ya lumayan, meskipun bentuknya nggak berbentuk, hahaha!

Oke, mari kita langsung saja liat step-step singkatnya, yg harus diinget adalah jangan lupa baca bismillah sebelum mulai dan lakukan dengan bahagia serta penuh rasa cinta. Lalalaa~

###
Ini kenapa ada bor?
Jadi kan kita saking kreatif-nya, nyoba nyoba kali aja gilingan bisa muter kalo kita colokin bor, ternyata nggak kuat bornya. Hiks.



Ini dia tersangkanya, gilingan tak berguna, huh!



Ini daging setelah dipotong ukuran sedang, kurang lebih sekilo dagingnya




Masukin daging ke blender


Hasilnya kurang lebih kayak gini, better kalo lebih halus



Hasil akhir daging giling, nggak terlalu halus karena uratnya susah dihalusin, jadi bikin
bakso urat ini



Halusin lima siung bawang putih pake jar kecil



Campur bawang putih ke daging giling



Masukin garam 2,5 sdm sama lada bubuk 1,5 bungkus kecil



Terakhir masukin tepung tapioka, sama tepung terigu, agak banyakan nggak papa biar keiket dagingnya. Tambah air secukupnya, ya hidup itu emang harus ngerasa cukup,
ini apaaa.



Hasil setelah semua diaduk



Kaldu hasil ngerebus daging domba, buat kuah baksonya



Panasin kaldu/air sampai mendidih, setelah itu kecilkan api. Then, proses bulet-buletin bakso, cemplung deh. Biarin dia matang, sesekali boleh dicicip.



Setelah sejam kurang, matang juga, alhamdulillah.
*disponsori oleh angry bird tanpa wajah



Begitu lah ya sodara-sodara, bakso yg alhamdulillah si cinta suka, anak-anak mengmong gue juga suka, suka banget malah, secara panci tinggal kuahnya aja diintip-intip. Seneng yaa.
Ya udah gitu aja, nantikan kelanjutan cerita gue, jangan lupa subscribe yaa, udah kayak nge-vlog aja gue. Btw, bungkusan ketiga masih teronggok di freezer (kulkasnya juga hadiah nikah, alhamdulillah), ada ide mau dibikin apa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar