Sabtu, 20 Januari 2018

MPASI Eleanors: Reviu sebulan Eleanors makan

Hello world!
Wah emak eleanors kayaknya bahagia banget nih?
Bahagia dong.
Alhamdulillah..

Eleanors udah masuk 7 bulan, udah gede, udah makin bervariasi tingkahnya, udah makin semangat menguji kesabaran emaknya, hahaha mom's life.

Sebulan ini gue sibuk hectic banget sama urusannya eleanors, yep clodi dan MPASI.
Lumayan menguras emosi jiwa terdalam gue, apalagi kalau udah ngomongin MPASI, hedeh, semangat dong hahaha~

Nyatanya selalu yang namanya teori, entah teori murni ataupun pengalaman orang lain yang jadi teori, nggak akan work well ketika dipraktekin ke kehidupan kita.
Jadi seabrek persiapan MPASI Eleanors kemarin yang udah gue tulis itu yeah paling 35 sampai 40% lah kepakenya.
Sisanya murni insting seorang emak disertai eksperimen ala ala anak SMA.
Ya untungnya emak eleanors ini dulu anak IPA. Trus ngaruh gitu? Ya dikit, hahaha..

Sebulan dari mereka umur 6 bulan atau tepatnya 180 hari, apa aja yang sudah gue lakukan?
Mari kita ingat ingat.
Nggak suka deh gue kalau nginget nginget gini, banyak lupanya.
Ya sudah mari kita berusaha semaksimal mungkin.

Daftar Menu
Ini gue setuju sih bikin daftar menu di awal mau ngasih MPASI, setidaknya biar emaknya rapi ngatur menunya.
Cuma pada praktiknya, gue melakukan beberapa modifikasi menu.
Alasannya klasik, ngabisin stok di kulkas dulu.
Secara buibu, gue belanjanya udah dari dua minggu sebelumnya, hahaha busuk nggak tuh.
Makanya gue abisin dulu yang ada, baru selanjutnya beli di tukang sayur komplek.
Ehtapi meskipun gue modif, aturan utamanya tetap ditaati.
Yaitu menu tinggi serat jangan berurutan harinya.
Soalnya si bayi kan baru banget kenalan sama makanan, adaptasi gitu pencernaannya, nanti takutnya kalau makan yang berserat terus ya ngaruh ke pencernaannya.
Koreksi aja ya buibu kalau salah.
Nah untuk selanjutnya setelah menu tunggal, masuk ke menu empat bintang.
Empat bintang apa bintang empat sik?
Lu kata hotel, wkwk.
Di menu empat bintang ini isinya udah komplit karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sama vitamin dari sayur.
Otomatis nanti setiap hari makan sayur, nggak papa karena ada zat makanan lainnya.




Diary MPASI
Untuk yang satu ini emak dituntut harus rajin ya, soalnya nulis nulis gitu kan.
Jadi tiap hari nulis makanan apa yang dikasih ke bayi.
Trus takarannya berapa, teksturnya kayak apa, reaksinya doyan apa enggak.
Yg penting juga, si bayi udah pup apa belum.
Minimal itu deh, dan again emak harus tertib mencatat.
Gue pas awal menu tunggal masih males malesan tuh nyatet, padahal berguna buat monitoring eleanors kan.
Nah pas masuk menu empat bintang gue mulai lebih tertib nyatetin.
Selain nyatet, gue juga dokumentasiin hasil masakan gue sih, ya sekalian buat kenangan hahaha.
Nanti lah pankapan gue share hasil masakan gue, insyaAlloh.

Kursi makan bayi
Penting sih ini menurut gue.
Selain karena repot ya ngasih makan dua bayik, juga dengan pakai kursi ini gue pengen ngajarin cara makan yang sesuai sunnah sih.
Hidih.
Ya udah lah ya yang penting niatnya gitu, mau lu bilang ibu ibu dulu gini kok gitu kok, ya terserah, gue cuma nggak mau jadi orang yang cuma bisa ikut ikut, cuma bisa manut manut doang, padahal belum tentu bener kan. No offense.
Makan itu duduk, nggak berdiri, apalagi jalan jalan.
Poin penting tuh.
Masalah nanti gimana gimana, yang penting niat awalnya bener dulu.
Maksud gue gini, kadang kan eleanors juga makannya sambil dipangku, nggak di kursi, cuma kan tetep duduk.
Atau sometimes mungkin ada situasi yang bikin mereka nggak bisa sambil duduk.
Berusaha dulu aja ya, niat baik ngajarin anak sunnah insyaAlloh berkah.




Peralatan bikin MPASI
Akhirnya dari sekian yang kemarin gue tulis tentang persiapan MPASI eleanors, cuma panci kukus doang yang kepake.
Saringan kawat sama chopper nggak kepake.
Di awal doang pake saringan kawat, abis itu gue pegel, ya udah ganti pake blender kecil.
Emang boleh?
Ya itu balik lagi ke emak sih kalau kata gue.
Saringan itu kan buat ngatur tekstur ya, biar mudah juga naikin tekstur makanan nantinya, cuma kalau keburu anaknya oek oek, emaknya stres menyet menyet saringan, daripada bubar jalan ya sudah.
Pokoknya yang nggak bikin emak stres lah.
Gitu sih pengalaman sebulan gue.
Masalah tekstur yang nanti terlalu halus, gue akalin di karbonya yang nggak diblend.
Jadi nanti masih agak agak kasar gitu makanan eleanors.
Udah deh cuma butuh panci kukus, blender, sama wadah buat ngukus.
Semuanya ada deh gue rasa di dapur.
Yang simpel aja.
Paling nanti ditambah baby cube buat wadah makanan bayi-nya.
Bentuk baby cube kecil kecil gitu ada tutupnya, biar tetep steril.
Tapi gue sih nggak ngelarang dong kalau yang mau pake slow cooker, chopper, dsb, terserah aja yang penting emak bahagia.

baby cube dan makanan eleanors yang ludes, alhamdulillah


Sterilisasi peralatan
Ini super duper penting.
Ya buat anak apasih yang nggak penting.
Kesehatan apalagi ya mak, harus dipantau 24 jam.
Termasuk alat alat makan mereka.
Ya kalau yang berduit dan pengen yang praktis bisa pake steamer apa sterilizer atau apasih alat steril yang bentuknya kayak kulkas mini itu.
Nah kalau gue, pengennya sih manfaatin yang ada aja, murah meriah, apa coba?
Panci.
Yup. Tinggal direbus aja perlengkapan makan eleanors.
Kalau nggak disiram air panas aja.
InsyaAlloh sambil bilang bismillah, kita tawakal sama Alloh, yang penting udah usaha kan.

Slabber atau celemek makan
Nah ini juga penting.
Punya eleanors kemarin yang gue share di tulisan sebelumnya, itu custom ada namanya gitu lucu, cuma ya bahannya kain.
Setelah dipake sekali ya bubar, kotor basah, harus dicuci.
Jadi mending beli yang bahannya silicon, gampang dibersihin.
Atau beli dobel buat back up yang lagi dicuci.
Soalnya slabber ini penting lho buat menjaga baju bayi tetap bersih.
Ya kecuali kalau emaknya rajin, nyuciin baju tiap abis makan ya monggo nggak pake slabber nggak papa.
Again, yang penting emak bahagia.
Hahaha~

Apalagi ya guys kira kira?
Itu aja dulu sih paling, mau curhat yang lain masih tentang eleanors tapi di post lain aja ya.
Saran gue sih, yang penting emaknya bahagia, anaknya insyaAlloh bahagia, jangan maksa, jangan bikin waktu makan jadi waktu stres anak, gitu gitu sih.
Emak juga banyakin referensi, bukan buat ditelen semua, tapi buat pengetahuan.
Selanjutnya emak yang pinter pinter mix and match, berinovasi, berkreasi, bereksplorasi, hahaha apalah.
Jangan lupa awali akhiri aktivitas dengan doa, dengan niat lillahi ta'ala.
Semuanya demi kehidupan yang lebih berkah.

Semangat lanjut meng-ASI-hi sampai insyaAlloh dua tahun.
Semangat masak masak, pantang menyerah meski dimakan dikit dikit, hahaha.
Semangat!


yang penting bahagia :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar