Selasa, 26 November 2013

Being useful : Properti Tari Enggang..

Berawal dari selesainya tugas belajar gue di kampus, dan mengakibatkan gue kembali jadi anak rumahan, well seneng sih akhirnya keprincess-an gue kembali, haha #becanda.

Being at home with just seven people inside, agak susah buat bisa jadi makhluk bermanfaat. Walaupun di lingkungan kampus pun nggak terlalu berguna juga keberadaan gue u,u

Ah iya buat pengingat aja nih, sukur-sukur kalau dilaksanain, buat  yg masih kuliah khususnya mahasiswa baru jangan ngabisin waktu buat ngejar nilai doang, banyak elkam atau ukm yg bisa lo jelajahi, lebih-lebih elkam yg tujuannya  ngasih manfaat buat orang lain, kudu lo join tuh. Banyak banget hal yg bakal ngembangin pengetahuan dan pengalaman lo, dapet pahala juga bisa banget. Hal-hal itu yg bakal susah lo dapetin ketika lo udah nggak kuliah, kayak gue ini #mewek


Udah cukup segitu aja wejangan dari gue ya nak #berasa emak-emak gue. Sekarang gue mau share tentang terkabulnya doa gue, mau tau doanya apa? Jadi gue selalu minta bisa bermanfaat buat orang lain, apa aja deh caranya. Well nggak perlu gue jelasin kan arti dari bermanfaat apaan? You are all brilliant, right? Haha.. Kenapa bermanfaat? Ya karena Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain” (HR. Ahmad, Thabrani, Daruqutni. Dishahihkan Al Albani dalam As-Silsilah As-Shahihah), sabda Rasululloh tuh.

Hingga suatu ketika datang deh temen-temen adek gue ke rumah, singkat cerita mereka mau ada penilaian nari buat mapel seni gitu. Sejam dua jam yg gue denger mereka cuma lempar-lemparan ide, kalo nggak ya ngobrol kesana kemari. Biasa lah banyak kepala, banyak maunya. Tapi setelah gue pikir-pikir kalo gitu terus gimana mau selesai, padahal sepekan lagi mau penilaian. Akhirnya gue ngerasa emang ini saatnya bisa bermanfaat buat orang lain, sekaligus tentu aja berdakwah. That’s the point! Gimana dakwahnya? Udah nggak usah pusing-pusing, dari hal paling simpel deh, kalau masuk waktu sholat ya diajakin buat jamaah-an, secara nggak langsung ngasih cipratan lah, kayak oh shaf cewe kalo jamaah-an itu lurus semua sejajar sama imam. Without saying aja udah bisa ngasih tambahan pengetahuan kan. So, dari hal simpel bisa kok kita berdakwah.


Ternyata penerapan ilmu yg didapet di lingkungan akademis itu bukan mitos yaa?  Karena akhirnya berguna juga ilmu dari makul budaya nusantara di kampus dulu, nggak dulu-dulu juga sih, baru oktober inih selesainya. Jadi di kampus gue, pas semester 6 ada makul kuliah budaya nusantara gitu, intinya kita harus explore budaya Indonesia then nampilin beberapa budaya sesuai bagiannya. Waktu itu gue kebagian budaya dayak, minang, sama sulawesi, dan yg ditampilin ada yg bentuknya drama, tari, nyanyi, upacara adat dan nggak ketinggalan makanannya. Seru lah pokoknya.

Balik lagi ke adek gue, dengan background beberapa budaya yg udah sedikit gue kenal apalagi gue kebagian narinya, jadi tau lah gerakan-gerakan tari tradisional. Gue kasih ide lah ke adek gue, gimana kalo nggabungin tari enggang sama tari piring, disisipin tari dolanan jawa juga boleh. Ya adek gue setuju-setuju aja, secara dia dan genknya itu geje -,- #piss

Awalnya cuma pengen bantuin ngajarin gerakan tari, tapi setelah gue pikir kayaknya seru nih kalo pake properti tarinya, semacem bulu-bulu di tangan sama ikat kepala. Jadilah gue ngerusuh adek gue, eh maksudnya nanya adek gue tentang properti itu. Jadi mereka cuma iuran berapa ribu doang, ntar tinggal dibikinin deh. Iya bikin. Gampang kok, bukan dari bulu-bulu burung gitu, cukup pake kertas karton. Iyalah, kan cuma buat tampil di kelas, make it simple!

Beneran simpel kok, cuma karena agak banyak makanya butuh beberapa orang dan agak lama, tapi tetep simpel kok #keukeuh. Jadi siapin dulu peralatan dan bahannya, ada kertas cover, karton atau manila (yg warna putih), gunting, isolasi hitam, penggaris, spidol hitam, pensil,stapler, lem kertas, tali rafia. Gue yakin hampir semua peralatannya ada di rumah, paling isolasi hitam sama kertasnya doang yg beli. Kalo udah siap semua, tinggal mulai deh. Here we go!


Pertama, gue mau bikin bulu yg warna merah dulu, jadi rencananya gue mau bikin bulu warna merah sama putih. Siapin kertas karton sama pensil, bikin pola bulu di kertas karton. Nah karena sebelumnya gue udah iseng bikin pake cover bekas, jadi gue polanya pake itu. Buat yg baru mau bikin, ya kreasiin aja sesuai imajinasi lo. Nah bikin bulunya masing-masing tangan ada 5 bulu, kali dua tangan, kali dua orang. Berarti bikin 20 bulu, ditambahn 3 bulu buat ikat kepala, kali dua kepala #ribetnya..total bikin 26 bulu. Itu untuk dua orang.



Setelah selesai polanya digunting, trus dikasih efek lengkungan pake spidol hitam biar mirip bulu, walaupun menurut gue tetep nggak mirip.







Abis itu bagian ngerakit, jadi dalam satu sayap ada 5 bulu. Bulu-bulu disatuin pake stapler dulu sebelumnya dirakit sama handle-nya. Cara bikin handle-nya gampang kok, bikin aja persegi panjang 11 x 6 cm dari sisa karton trus dilubangin tengahnya. Biar rapi dan kuat, kartonnya dibalut pake isolasi hitam. Udah deh siap disatuin sama bulunya, pake stapler trus diperkuat pake isolasi. Jadi deh.






Buat bulu yg putih pada prinsipnya sama caranya, cuma bagian lengkungan hitamnya gue ganti dengan karton merah. Bukan apa-apa nih, spidol hitam gue abis u,u  Selain itu, tetep go green dengan manfaatin sisa karton merah yg udah nggak kepake. Hasilnya tetep keren kaan? Buat bagian ikat kepalanya, sama aja caranya, cuma beda di jumlah bulu dan ada tambahan tali rafia buat ikatannya.




Fyuh, setelah 8 jam-an dan dengan bantuan adek-adek dan emak gue, akhirnya selesai juga seperangkat properti tari enggang buat lima orang. Alhamdulillaah :'D




dan ini dia adek-adek gue berpose setelah sukses nampilin tarinya..bangga lah gue :)





Sedikit bisa membantu, dan bermanfaat itu menyenangkan..
just try it!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar