Senin, 09 Desember 2013

Bulb lighting pake kamera digital..

Ceritanya pada suatu malam, daerah gue kebagian pemadaman bergilir. Tau kan rasanya hidup di era sekarang tanpa listrik semenit aja? Nggak bisa nonton tipi, nggak bisa ngecas gadget, nggak bisa online, nggak bisa makan, nggak bisa ngopi, udah deh lemah banget manusia sekarang u,u

Trus ngerasa nggak klo openingnya nggak nyambung sama judulnya? Biasaa..zaman sekarang kan apa-apa main disambung-sambungin walaupun nggak ada hubungannya..#ngek
Jadi gini, di sela kesuntukan nggak ngerti harus ngapain dan bermodalkan berfungsinya syaraf kreativitas gue, terpikir lah ide buat manfaatin keadaan gelap.. nggak tau kenapa pengen coba teknik fotografi bulb lighting (buat yg belom tau, gugling sendiri yaa). Intinya kalo ada foto yg di dalamnya ada gambar huruf-huruf yg dibuat dari cahaya, itulah salah satu produk teknik bulb.

 Yang paling diperluin buat teknik ini sebenernya adalah hal yang nggak gue punya :( ..harus pake kamera SLR/DSLR! Iya kamera yg mahal itu T,T , trus juga kudu ngerti pengaturan speed-nya, ISO, bukaannya, dan lain-lain yg nggak gue paham. Yah walaupun gue suka moto-moto tapi ya sebatas buat  koleksi pribadi aja, karena bagi gue foto itu penting banget. It’s part of memory!

Berhubung cuma punya kamera digital (ralat: alhamdulillah punya), dan ambisi pengen bisa  ngasilin foto kayak gitu, ya udah nekat aja nyoba-nyoba. Dengan modal kamdig, sumber cahaya dari lilin (secara mati lampu), lampu senter dari hape, sama pake cahaya dari hape itu sendiri. Pertama gue ubah settingan foto jadi Burst (awalnya nyoba-nyoba aja ngutak atik settingan di kamera), pokoknya Burst itu setting yg ngecapture dengan pelan-pelan (gitu lah, cmiiw). Trus background yg  gelap mah udah siap daritadi, tinggal eksekusi aja.

Adek gue yg bagian nggerakin sumber cahaya (lilin/senter/hape), nggerakinnya harus cepet dan diulang-ulang. Percobaan pertama gue pake cahaya kamera, ini juga nyobanya nggak yakin bisa atau enggak. Alhasil lumayan laah untuk iseng-iseng. Maap yee yg dari cahaya hape nggak bisa nampilin poto, nggak layak publish haha.

Next pengen  nyoba bentuk tulisan dan ternyata nggak bisa, kameranya nggak mendukung u,u. Untuk bisa ngehasilin tulisan cahaya gitu harus pake kamera yg bisa diatur timing jepretannya, dan di kamdig biasanya mah njepret ya saat tombolnya dipencet. Gue nggak nyerah gitu aja tapi, kalo tulisan nggak bisa at least huruf deh.

Nyoba lah nyuruh adek gue bikin huruf gitu, dan hasilnya bisa buat huruf yg tersusun maksimal dua garis atau dua directions atau huruf yg simpel deh gampangnya. Nah berhubung nama gue ada huruf m-nya, keukeuh pengen bikin huruf m, dan huruf m ini yg paling banyak percobaannya. Susah! Gue sempet berdoa pokoknya jangan nyala listriknya klo belum jadi nih huruf m ~,~

Setelah beberapa kali percobaan, baru deh bisa jadi. Dan keberhasilan ngejepret huruf m ini sekaligus menjadi penutup experiment bulb gue, secara listriknya pas banget juga nyala. Seneng lah intinya, bisa bereksperimen memanfaatkan apa yg ada, terus bisa seru-seruan juga sama keluarga. Tambah yakin kalo hal yg nggak kita sukai (mati listrik contohnya) nggak harus ditanggepin dengan keluhan, toh nggak ada gunanya ngeluh nggak jelas gitu. Be creative, be productive!

ini sebagian foto-fotonya..masih banyak sih yg lain, cuma ya ituu..nggak lolos sensor..haha. enjoy!

 





ijah made!







"M"asterpiece!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar