Kamis, 20 Februari 2014

Case Tab Daur Ulang Bungkus Kopi


Kali ini agak beda, ya karena isi tulisan kali ini yg nulis adik gue. Dan tugas gue cuma sedikit touch up, opening, closing, inserting dan publishing #apasih
yg sering kepo.in gue pasti udah tau la klo gue suka kopi termasuk bungkus-bungkusnya, jadi menggunung lah itu bungkus-bungkus kopi. Post sebelumnya udh pernah nulis tentang tas daur ulang, tong serba guna, dan lainnya yg nggak gue publish. Nah kali ini berhubung ada tambahan tenaga alias ada adik gue, ya gue berdayakan dia, haha.
yg beda dari olahan bungkus ini ada pad cara ngeronce-nya. Caranya gue otodidak liat dari web Green Citarum trus gue tularin deh ke adik gue, selanjutnya here she goes!

 Untuk mengisi waktu luang dan dari pada nganggur jadi, saya membuat suatu kreasi dari bungkus plastik kopi yang idenya dari kakak saya. Awalnya tidak mudah, namun berkat arahan dan dukungan dari kakak saya, saya bisa membuatnya. Modal dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat karya ini kakak saya yang membiayai hehe saya tinggal berkreasi saja. Oke langsung saja kita shoot bahan-bahan yang diperlukan.




Bahan yang diperlukan
1. Bungkus plastik kopi
2. Gunting
3. Jarum
4. Benang
5. Resleting
O ya saya sampai lupa bahan-bahan diatas akan saya buat menjadi tempat atau case tab. Langkah-langkahnya mari kita simak dengan seksama...

1. Gunting plastik dengan ukuran yang sama berbentuk kecil memanjang. Setiap satu bungkus bisa dipotong menjadi delapan bagian yang sama.

setelah dipotong memanjang

2. Kemudian tekuk menjadi dua bagian dan pipihkan agar ketika di sambung tidak lepas.
3. Menuju tahap inti yaitu penyambungan  setiap potongan plastik dengan cara menekuk secara vertikal.
4. Ambil dua bungkus kemudian tumpuk dengan arah yang berbeda. Tekuk salah satu ujungnya satu persatu dan di selimpitkan ke dalam dasarnya. Buat memanjang dengan menyilangkan antara bungkus satu dengan yang lainnya. Lakukanlah sampai ukuran yang di inginkan.



5. Buat dari cara ke-4 tersebut 12-14 bagian  yang kemudian akan di sambung bersamaan mengunakan benang nilon ke sela-sela sudut.

Tahap penyatuan dengan dijahit

Setelah disatukan, dan siap dipasang resleting


6. Setelah tersambung maka tinggal menjahit bagian pinggir dan diberi resleting.

Penjahitan resleting samping

Resleting samping


Resleting samping juga


 setelah dipikir-pikir, kalau resletingnya di  sisi atas aja akan lebih mudah, jadi dirombak dan dibikin jadi seperti ini


Resleting atas


Dan siap..... Tempat tab-nya sudah jadi. Walau agak rumit dan butuh waktu yang lama tapi kalau membuatnya dengan sungguh-sungguh karya ini pasti dapat selesai.
Sebenarnya bukan karena ingin membuat suatu karya namun tujuan  yang utama untuk memanfaatkan bungkus plastik yang memang susah untuk diurai tanah. Dengan memanfatkan hal seperti ini kita dapat mengurangi polusi, smapah plastik jangan dibakar karena bahan dari plastik tidak baik jika hasil pembakarannya terhirup oleh manusia bahkan tumbuhan dan hewan juga bisa terganggu.

Nah lho jadi mikir-mikir lagi deh kalau mau buang sampah plastik, kalau kita bisa berinovasi membuat daur ulang seperti ini, dapat menjadi ladang uang yang menggiurkan juga kan hoho. . .

O ya juga dapat mengurangi pengangguran kalau hal seperti ini dijadikan suatu usaha. Jadi nggak ada salahnya mencoba.
Semoga bermanfaat. . .
SATU NUSA SATU BANGSA,

YANG MUDA YANG BERKARYA. . .^_^

----------------------------------------------------------------------

uhuk, gue nggak kebagian closing..
final statement aja deh..
Jika kita bukan bagian dari kebaikan, maka kita adalah bagian dari keburukan.
oleh karena itu, berkontribusi-lah!

2 komentar: