Jumat, 30 Mei 2014

Tentang Ungaran : GOR Wujil

Kabupaten Semarang, Ungaran.
Tempat keliaran gue selama sepuluh tahun, tiga tahun setelahnya dipaksa keadaan buat merantau. Kota yg jadi ibukota dari Kota Semarang ini (bingung kan lo), bisa dijumpai di pertengahan jalan Solo - Jakarta. Sebenernya aksesnya gampang, cuma ketika gue nulis tentang Ungaran ini, jalan Ungaran lagi padet banget, lagi ada betonisasi jalan gituh.
Apapun alasannya, kota ini saksi bisu perjalanan sekolah gue, sedikit banyak punya andil dalam kehidupan gue. Jadi apa salahnya sedikit berbalas budi dengan nulis tentang Ungaran. Kota kelahiran gue aja belum sempet gue bikinin tulisan lho, it worths kan?

 Well, di Ungaran ini mau apa aja pasti ada, kecuali yg nggak ada ya, haha.
Mau cari wisata sejarah ada Benteng Williem II atau disebut Benteng Ungaran juga boleh, mau cari candi ada Candi Gedong Songo, mau naik gunung noh ada Gunung Ungaran, mau minta air terjun ada Semirang, apalagi coba? Pasar ada, alun-alun yg besar sampe yg mini ada, wisata kuliner ada banget, yg terkenal tuh Tahu Bakso, komplit lah.
Banyak hal yg bisa ditulis sebenernya, cuma emang belum kesampaian aja, apa emang nggak niat? fuh..doakan aja bisa kesampain nulis semuanya. Beberapa tempat alhamdulillah udah sempet didatangi, tempat lainnya semoga disegerakan, aamiin #doabanget

Nah kali ini yg mau gue kupas dari Ungaran adalah gelanggang olahraga-nya alias GOR. Emang ada? Ada dongs, emang Jakarta aja yg punya.
Yuks kenalan sama gor di Ungaran, namanya Gor Wujil. Itu sebenernya diambil dari nama daerah dimana gor itu berada, nama daerahnya ya Wujil itu. Nggak ada yg khusus sebenernya dari gor ini, cuma gegara abis direnov, ditambah sana sini, dipulas sedemikian rupa, jadi bisa dibilang ini gor terlahir kembali.
Dulunya pas gue masih sekolah (uhuk, tua), ini gor cuma satu lapangan sepak bola dengan barisan tribun penonton seadanya. Biasanya sih tu lapangan paling buat anak-anak main bola, kadang buat upacara, buat latihan nyetir mobil juga bisa. Gampangnya, nggak kece bet lah.
Tapi seketika setelah gue pergi merantau, gor itu diremajakan (nggak tau deh hubungannya apa). Pokoknya balik-balik udah jadi cetar aja tuh tempat. Itu katanya sih, secara gue belom pernah ke sana.

Berhubung beberapa bulan yg lalu gue di rumah (sampe sekarang), dan ada kesempatan, akhirnya bisa berkunjung juga ke gor-nya Ungaran itu. Ahad pagi, sebelum matahari menyingsing, gue dan rombongan siap berangkat ke gor, kalau orang lain mau jogging, kita mah mau shopping. Window shopping alias cuci mata, dan meal shopping alias jajan!
Sampai di tempat tujuan, kesan pertama menurut gue adalah cukup luas dan cukup bersih. Mungkin masih pagi kali jadi belum banyak orang. Terbukti jam 6.30 pas gue mau balik, mulai deh banyak orang bejubel, kalah deh yg mau olahraga, track joggingnya penuh orang gitu.

Oke deh, daripada keburu siang langsung aja gue kasih nih beberapa jepretan dari lokasi kejadian.. Selamat menyaksikan..

Gor Tenis dari samping
Ini bangunan di sisi kiri setelah gue melewati gerbang.Yg bisa masuk ya yg mau main tenis, berarti bukan gue.
Sebenernya ada bangunan inti gor sepak bola di sebelah kanan deket pintu masuk, tapi karena ada perawatan jadi ditutup deh.


Ini juga Gor tenis dari depan.


Jualan sarapan
Ini yg paling dicari kalau lagi "jalan-jalan" ke suatu tempat. Ada yg jualan makanan nggak?
Nah buat yg abis jogging trus laper, bisa banget nih langsung sarapan. Macem-macem makanan berat sampai ringan ada. Mau nasi kuning ada, lontong, bubur, pecel, kue-kue ada banget.
Gue sih waktu itu beli bubur candhil atau kalau di Jakarta mirip biji salak, yg bulet-bulet gitu deh.


Sate Kere
Ini jajanan unik, makanya gue jepret. Namanya itu lho.. Sate kan identik sama daging, daging identik sama orang kaya, nah berhubung dagingnya diganti tahu dan tahu identik dengan orang kere (kekurangan) jadilah namanya Sate Kere.

Jualan kopi
Udah sarapan, enaknya ngopi dulu :9 


Gunung Ungaran
Buat yg suka mengagumi keindahan ciptaan Alloh, bisa langsung lihat Gunung Ungaran nih dari area gor. Secara gunungnya persis di belakang gor, nggak persis banget si, jauhan dikit.


Open space
Ini nih yg gue bilang lumayan luas areanya. Karena no pict = hoax maka dengan ini kebukti kan?


Line skate
Saking luasnya sampe bisa buat main line skate, dan itu anak-anak pada canggih bisa mainan begituan. Jaman gue dulu mana ada kayak begitu, jadi ya maklum, lagian gue bisanya ice skate sih (gedebus).
Kalau nggak punya sepatunya, ada penyewaan juga kok. Goceng alias 5000 sejam, kalau nggak salah.



Jualan baju
Selain jualan makanan, ada juga jualan baju sama kerudung. Yuks jogging sambil belanja.

Jualan buku poster
Mau nyari buku-buku dgn kualitas super (copy) juga ada nih. Ada juga berbagai macem poster, gue beli lho beberapa poster buat belajar ijah. Murah meriah.


GOR serbaguna
Ada juga gedung serbaguna, entah deh apa aja yg bisa dilakukan di sana. Resepsi bisa kali. #kode


Ada beberapa wahana permainan juga lho, komplit kan?
Kereta-keretaan
Baru mau buka, jadi masih sepi gitu


Danau buatan
Ini cuma buat sedep-sedep mata deh, tapi nggak tau juga kalau besok ada bebek-bebekan di sana.


Sewa otoped
Nggak mau capek jalan keliling track, bisa sewa otoped seharga 5000 selama 5 menit. Nggak capek jalan tapi capek nggenjot pedal, haha
Btw itu ada batu peresmian yg belum diresmikan, keren kan gue duluin pejabat.




Sewa becak mini
Siapa bilang latihan cuma buat nyetir mobil, becak juga bisa! Yg mau latihan ngebecak, ada penyewaan becak mini nih. Lima ribu juga, tapi nggak tau berapa lama.



Parkir
Wow! Segitu banyak motor yg parkir. ckck gimana nggak mau macet.
Itu parkirnya cuma bayar seribu. Trus gedung yg sebelah kanan itu yg gue bilang yg ada lapangan buat sepak bola.



Begitu lah kurang lebih jepretan gue di Gor Ungaran. Kurang lebihnya silakan datang sendiri. Kalau mau ajak gue juga boleh, eh nggak ding, sibuk.

Tetap sehat, tetap semangat, tetap bermanfaat!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar