Senin, 12 Mei 2014

Berbagi surah Al Kahfi 2 : Ijah, on her way to memorize Al Kahfi in her 4 years

Kali ini mau cerita pengalaman gue dengan surah Al Kahfi, kalau nggak salah ini cerita kedua dengan tema yg sama. Berbagi Al Kahfi.
Cerita pertama bisa dicek di sini.

Gue punya adik yg umurnya lumayan berjarak sama gue, jadi nggak heran kalau ada yg ngira dia anak gue ~,~
Di umurnya yg masih fresh dan serba canggih, anak itu harus cepet-cepet diracuni sama hal-hal positif, sebelum keduluan hal negatif di luar sana. Oleh karena itu, keluarga sebagai tempat pertama dan utama punya andil besar untuk nentuin seorang anak mau jadi apa nanti. Orang yg berakhlak mulia, atau sebaliknya. Ini penting.

Kalau kata orang, anak kecil itu ibarat kanvas putih yg siap dilukis, dengan orang tua sebagai pelukisnya.
Beranjak dari teori-teori singkat di atas, gue akhirnya kepikiran ikut andil dalam melukis, walaupun hanya dengan setetes noktah. Ini apa maksudnya u,u

Awalnya gue cuma mau iseng pake boardmarker sama papan tulis yg nganggur. Terciptalah ide buat nulis satu ayat surah Al Kahfi, ya cuma satu ayat. Setelah ditulis, gue pajang deh di tempat yg sering dilewatin penghuni rumah. Sesuatu yg sering diliat, walaupun kita nggak niat ngehafalin, tapi secara otomatis akan tertanam di alam bawah sadar kita. Gampangnya, kita bisa inget sesuatu karena kita sering ngelihat sesuatu itu. Tresno jalaran soko kulino kan? ciee.

Sasaran awal yg dituju sih ya yg udah pada tua tapi belum hafal sepuluh ayat pertama Al Kahfi, termasuk gue. Kenapa sepuluh ayat pertama? Ya karena hadisnya emang begitu. Nih.
"Barangsiapa menghafal sepuluh ayat pertama surat Al Kahfi, ia terlindungi dari fitnah Dajjal." (HR. Muslim dan lainnya riwayat dari Abu Darda). 

Yg disasar yg tua, eh yg respon yg paling comel. Dan si nyomel itu tidak lain tidak bukan adalah adik gue yg paling kecil. Iya, yg sering dikira anak gue itu.

Belum ada hitungan hari, dia udah hafal ayat pertama surah Al Kahfi. Dan itu masya Alloh luar biasa, padahal kakak-kakaknya belum loading tuh. Jadi, kebukti kan kecanggihan anak kecil itu kayak gimana?
Gue yg ngelihat fenomena luar biasa itu, ngerasa perlu buat nerusin program hafalan Al Kahfi ke adik gue paling kecil, atau panggil saja ijah. Tanpa harus memaksa pastinya.

Pelan-pelan selama kurang lebih sepekan ijah ngulang-ngulang itu ayat pertama. Gue nggak berhenti takjub sama kemampuan dia, padahal di PAUD aja dia baru mau iqro enam, alhamdulillah ding..tapi dia udah semangat buat ngehafalin, dengan segala keterbatasannya. Sampai ada kejadian lucu, pernah suatu sore gue dan adik-adik gue ikut belajar tahsin sama kelompok tahsin ibu-ibu gitu. Kebetulan materi yg dibahas tentang syaktah di akhir ayat pertama surah Al Kahfi. Disuruh baca deh satu-satu sama ustadzahnya, dan ijah yg udah hafal ayat itu ribut pengen baca juga. Ya udah deh pas sampai selesai orang terakhir, gue bilang ke ustadzahnya kalau ijah mau baca juga. Awalnya beliau agak bingung, yakali anak sekecil itu bisa baca Al Quran, tapi dibolehin juga akhirnya. Dan tau apa yg ijah lakukan? Dia pura-pura baca Al Kahfi dengan ngelihat Al Quran, seolah-olah baca, eh padahal yg diucapin itu ya hafalan dia. Cerdik!
Sukses bikin ibu-ibunya berdecak, entah kagum entah bingung.

Gue nggak pernah maksa ijah untuk hafal sekian ayat, ataupun nargetin harus hafal dalam sepekan. Pokoknya ngalir aja, bahkan kadang dia sendiri yg minta tambah ayat pas dia ngerasa udah lancar. Padahal gue sendiri agak takut dia keblinger,  kebanyakan hafalan,  secara di sekolah juga banyak yg harus dihafalin. Tapi In-syaAlloh deh nggak masalah, lebih baik menyibukkan diri dalam hal yg baik daripada males-malesan..ya kan?

Nah ini screen shoot Al Kahfi ayat satu sampai tujuh yg gue tulis, dimaklumi kalau tulisannya jauh dari bagus, yg penting bisa dibaca. fuh.
Dan didoakan saja ijah tetap semangat ngehafalin sampai ayat ke sepuluh. buat kita juga.

Ayat pertama



Ayat kedua


Ayat ketiga dan keempat


Ayat kelima


Ayat keenam

#maaf ada sedikit kesalahan di ayat tujuh-nya, in-syaAlloh segera diperbaiki. stay tune :D

Jadi ya begitu lah,  ijah terus nambah hafalan dan kakak-kakaknya siap malu gara-gara kalah sama anak umur hampir lima tahun u,u
Kalau nggak mau malu, ya berjuang lah. Memulai. Tanpa memulai untuk ngehafalin, ya nggak akan hafal-hafal. Coba aja dulu, pelan-pelan.

Kayak wejangan yg udah gue bilang sebelumnya. Uhuk. Mencoba itu nggak ada ruginya, yg rugi adalah yg nggak pernah mencoba, karena berarti dia nggak pernah melangkah maju.

Let's be the winner of ourself..karena musuh utama manusia itu adalah dirinya sendiri..
Semangat bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar