Sabtu, 03 Mei 2014

Jujur itu keren!


Dari judulnya aja udah kebayang sebenernya yg mau gue bahas. Apalagi kalau bukan the precious thing itu, kejujuran.
Gue lagi-lagi nggak akan bahas dengan bahasa tingkat dewa, karena emang nggak bisa dan gue cuma rakyat jelata yg berkapasitas otak seadanya, jadi ya ini lah hasil tulisannya. Seadanya!
Balik lagi ke topik penting kita. Ngomongin tentang kejujuran, hal pertama yg gue inget yaitu ulangan, ujian atau ya semacam itu lah. Saat dimana kita dihadapkan dengan beberapa lembar soal dan harus kita selesaikan dalam kurun waktu tertentu. Banyaknya materi,  tidak siapnya diri, di sekolah nggak konsentrasi, belajar sendiri nggak ngerti, dan banyak lagi hal yg bikin nggak percaya diri untuk ngegarap ujian itu sendiri. Alhasil, menistakan diri untuk beli kunci. Haha berpantun gue.
Udah nggak perlu bahas perbuatan itu, kita semua udah tau kalau itu nggak bener. Nggak jujur. Sepakat lah kalau itu, makanya gue mau bahas tentang pengalaman gue sendiri aja, daripada ngomongin orang lain, udah nggak jujur, nggak penting pula.

Momen pengujian kejujuran terakhir yg gue ikuti adalah waktu ujian nasional SMA. Kenapa bukan ujian-ujian pas kuliah? Karena, kampus gue udah terkenal dengan kebengisannya terhadap mereka yg berani nggak jujur waktu ujian. Nggak tanggung-tanggung bro, Drop Out! Keren nggak tuh? Makanya udah nggak perlu gue bahas.

UN SMA, udah empat tahun yg lalu, ketauan tua deh gue, well yg gue inget hari pertama ujian gue telat, ditegur pengawas, dan ya udah kerjakan lalu lupakan. Hal yg gue lakukan di waktu-waktu sebelum ujian biasanya jalan-jalan, cari makan, ngopi, dan nyanyi. Ah dulu masih jahiliyah gue, sekarang alhamdulillah nyanyinya udah ganti ngaji. Ciee. Lagu yg gue dan solmet gue nyanyiin dulu biasanya nggak banyak, lagu pop aja yg udah agak lawas semacam walau badai menghadangnya ada band, bener nggak sih judulnya? Ya yg begitu itu lah. Kalau kehabisan lagu, biasanya mulai cari bahan obrolan kesana kemari. Paling sering sih ngomentarin guru atau nggak temen-temen kelas, sementara yg lain sibuk belajar, atau belajar?
Bukan apa-apa ya kita kayak gitu,  bukan mau sok nih tapi menurut gue kalau udah di sekolah itu ya udah harus siap. Ibarat udah berangkat perang, ya udah siap semua senjatanya, bukannya baru nyiapin pas di depan lawan.Nggak masalah kalau kita kali ini nggak sepakat, perbedaan itu keniscayaan kok. Dih.

Btw, agak keluar dari topik ya kayaknya, nggak papa, intro dulu. Ritual sebelum ujian udah dibahas, sekarang gue mau bahas waktu ujian dilaksanakan. Gue nggak akan menampik kalau nggak semua soal bisa gue kerjain, artinya selalu ada soal yg susah dan berakhir dengan mengarang indah. Gue juga akan mengiyakan kalau soal-soal yg keluar punya kadar kesulitan yg berbeda dari soal-soal latihan sebelumnya. Pada akhirnya, nggak ada yg perlu disesali kok kalau kita udah ada di barisan yg benar. Kenapa gue bilang gitu? Karena gue sendiri yg udah ngebuktiin kalau orang yg berusaha jujur, on the track, tetep di jalur yg benar, akan dapetin buah manisnya, ya walaupun asem dulu awalnya.

Pasca ujian, hal yg ditunggu apalagi kalau bukan nilai. Gue tipe orang yg siap dengan semua kemungkinan terburuk, siap nangis maksudnya. Ya mau apalagi,  usaha hidup-hidupan udah, berjuang dari matahari terbit ketemu munculnya bintang udah, sholat puasa ngaji sedekah, traktir temen juga udah, oke lupakan. Intinya wis pasrahke, tinggal Gusti Alloh yg ngaturi jalan.

Dan jeng jeng jeeeeng..nilai rata-rata ujian gue nggak sampe angka delapan! Nggak pada percaya kan pasti?? Apalagi gue, enggak ding. That's the fact. Dan gue baru kali ini ngasih tau apa yg sebenarnya terjadi. Kalau ternyata jujur itu bikin nilai lo kalah jauh, jatuh terpuruk,  dan remuk. Lebay banget dah, walaupun memang itu mungkin rasa yg pertama kali muncul. Hiks. Tapi seinget gue, meskipun emang agak kecewa tapi gue tetap tegar kok. Beneran deh. Apa yg nggak manusia suka itu belum tentu Alloh nggak suka juga. In-sya Alloh nilai tujuh koma sekian itu jauh lebih berkah di mata Alloh. Jadi ya gue mendadak move on gituh, dan melihatnya dengan sudut pandang lebih optimis. Keren nih kalau misal ada efek semacam seseorang yg berdiri tegak pake iket kepala bawa bendera sambil memandang matahari terbit. Geje. Ya pokoknya gue yakin aja kalau keterpurukan ini justru bakal jadi kartu kemenangan gue.

Yg pasti..jangan pernah ngerasa Alloh nggak adil hanya karena satu hal yg bikin kita kecewa. Justru itulah yg bisa kita gunakan sebagai alasan untuk minta yg lebih baik. Atau emang ada rencana Alloh yg lebih keren dari permintaan sepele kita.   Dan akhirnya gue ngerasain sendiri manisnya buah kejujuran itu saat ini. All praises to Alloh..

Jujur itu memang berat, tapi tanggung jawab di hadapan Alloh nanti jauh lebih berat jika kita sudah berani berkhianat..


Sumber gambar: http://hijihawu.wordpress.com/2012/06/07/nyontek/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar