Sabtu, 15 November 2014

Pekan kedua jadi emak emak rempong wanita karir penembus jalanan ibukota

yes, judulnya panjang bet kayak KRL yg biasa dinaikin temen gue buat berangkat ngantor, trus nggak ada hubungannya sama gue, thengs.
Iya, gue lelah, kalian nggak salah kok, emang guenya lagi nggak bener, dan maksain nulis. Gatel si kalo nggak ngeblog, meskipun udah bilang bakal susah nulis, tetep aja pengen, udah kebutuhan gituh.
Jadi gini, selama dua pekan ini gue menjalani masa masa orientasi di kantor. Ealah, nggak selalu yg namanya orientasi musti digojlok ya, udah kagak masanya. Orientasi itu kan semacem pengenalan, proses mengetahui suatu hal, ya kegiatannya cari informasi ataupun diberi informasi. Nah berhubung ini orientasi tempat kerja, jadilah info tentang seluk beluk kantor mulai dari yg penting banget sampe yg super nggak penting, mulai dari pegawe sampe wece, mulai dari kebijakan sampe taman, dan lain lainnya.
Secara keseluruhan gue sangat menaruh apresiasi sama tempat yg akan menjadi saksi kehidupan karir gue, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, mulai dari orang orangnya, suasananya, pekerjaannya, semua mua deh, cuma ya karena belum ke semua bagian jadi belum bisa nentuin simpulan akhirnya. Kenapa gue bilang belum bisa? Karena sebenernya gue orientasi ini satu bulan, dan sekarang baru aja selesai pekan kedua, insyaAlloh dua pekan lagi baru bisa menyimpulkan dengan baik tentang tempat gue berkarya nantinya. Meskipun begitu, gue yakin akan menemukan akhir cerita yg keren dari sebulan orientasi ini.

Tentang dua pekan jadi emak emak rempong yg tiap pagi jam setengah lapan sampe jam lima sore di luar rumah, well itu agak berat, awalnya. Rasain aja, sebagian besar waktu dihabiskan di dalam gedung melotot di depan komputer, melewati jalan yg sama, bertemu dengan lingkungan yg sama, setiap hari dan terus berulang. Itu waw.
Gue tiap pagi harus udah siap sebelum setengah tujuh, jalan kaki nyebrang jalan besar yg penuh dengan kendaraan yg siap menerobos apapun untuk bisa sampe tujuan dengan cepat, nunggu metromini dateng, kalau udah ada metronya gue harus berjuang naik dalam keadaan metronya mulai jalan lagi, kemudian perjuangan masih akan berlanjut. Rute dari kos ke kantor gue itu ngelewatin perlintasan rel kereta, dan kita tau itu masalah banget. Jadi kalau lagi beruntung, gue nggak lama kejebak nunggu kereta lewat, bisa cuma 20 menit sampe kantor, tapi kalau lagi apes alamaaak 45 menit bisa lah baru sampe, dan itu yg tadinya berangkat udah kinclong pas turun langsung kayak abis masuk kukusan raksasa, gemrobyos semua, hah!
Pernah tuh udah nunggu lama, sampe ibu ibu sebelah gue ngomel ngomel, eh yg lewat cuma seonggok kepala kereta. Iya, cuma satu potong itu doang. Pelan pulak!
Ada ada aja emang di ibunya kota ini, sampe nggak abis pikir gue.
Sampe di kantor, gue harus absen pake finger print dulu, jangan sampe telat, ntar gaji dipotong, udah dapet dikit dipotong pula, mau makan apa anak cucu gue, eh.
Abis itu gue nunggu yg lain kumpul, buat bareng bareng ke ruangan orientasinya. Dan selanjutnya, standar, dengerin orang presentasi, kenalan, tanya tanya, istirahat, duduk dengerin lagi, istirahat, trus pulang. Begitu aja. Banyak si detilnya yg seru dan asik buat diceritain, cuma gue males, kapan kapan tanya aja, minta gue ceritain, sambil nraktir gue ngopi, pasti gue dengan senang hati berbagi, haha.
Waktunya pulang, kembali jadi emak emak super yg berjuang menaklukkan jalanan, sebrang sana sini, nunggu metromini, ngejar ngejar kalo metronya berhenti di tengah tengah jalanan, udah nggak peduli klaksonan sepanjang jalan itu. Gimana lagi, sistemnya aja udah semrawut, mau nggak mau kita terima. Wanna change? Yes, but slowly..and sure..insyaAlloh
Selesai perjuangan untuk pulang, masuk kos, dan tepar. Selalu seperti itu.
Tapi alhamdulillah gue dua pekan ini masih belum mengeluarkan keluhan capek penat dan sebagainya, karena masih baru, masih berusaha menikmati dan menjalani, dan akan selalu seperti itu. Berusaha tetap bahagia. Karena bagi gue, nggak ada gunanya sebel kesel, ngabisin energi aja, mending buat berkarya, ikut membantu negara ini jadi lebih baik.
Hanya mungkin masih belum ketemu klik ritmenya, jadi kadang stuck di posisi, apa yg sebenernya gue mau? Diperjelas lagi, gue mau ikut membantu Indonesia melalui bagian mana di kantor gue? Gue mau berkarya sebagai apa?
Karena gini, di kantor gue itu ada belasan bagian yg kesemuanya punya peran penting, perbedaannya ada di kompetensi yg dimiliki pegawai dan pasti tugas pekerjaannya. Dari semua bagian itu, gue baru mengenal lima bagian, dan itu belum ada setengah dari jumlah keseluruhan. Tapi setelah hari ini, gue memastikan tempat gue pada satu posisi, dan cuma ada satu posisi itu. Tentang apa posisi itu, off the record yaa. Rahasia.
Yg pasti, posisi itu adalah alasan utama kenapa gue milih tempat gue kerja saat ini.
Trus kenapa gue milih itu, satu satunya jawaban, gue suka, dan itu cukup.
Nggak semua hal harus ada alasannya kan? Terkadang, sesuatu itu hanya perlu terjadi dan selesai. Tentang bagaimana, mengapa, kapan, biarlah jadi misteri.

Ah udah ah, mau istirahat, satu lagi hari yg menyenangkan terlewati, bagaimana dengan hari kalian?
Menyenangkan atau tidak, tergantung cara kita menyikapi bukan?
Take a breath then..smile..
Alhamdulillah, for everything..
Gue bangga dan bersyukur dengan keadaan gue saat ini, terlebih lagi bisa jadi bagian keluarga besar Kementerian Keuangan yg di dalamnya banyak banget orang orang keren yg siap memajukan Indonesia..

Oke deh sampai bertemu di saat dimana gue menyempatkan jempol gue menari nari di atas papan tunyuk, see yaaa..


pict ; masjid Istiqlal taken from Gedung Djuanda I lantai 15

1 komentar: