Jumat, 31 Oktober 2014

Kebetulan itu omong kosong..

Ini hari ke-3 gue di rumah setelah sepekan di Jakarta. Dan ini jadi kepulangan gue yg tercepat dibanding sebelum sebelumnya, bayangin aja, baru tgl 18 kemarin ke Jakarta eh tgl 28 udah balik lagi ke rumah, sepuluh hari lhoh. Biasanya gue pulang setelah minimal 3 atau 4 bulan di perantauan, bahkan pernah setelah 6 bulan, efek kos deket stasiun nih, gatel klo nggak pulang, haha.
Well sebenernya gue pulang ke rumah ini nggak dengan senang hati hura hura pengen pulang, seneng si tapi nggak diniatin pulang, ngerti nggak si.
Jadi setelah gue lapor ke instansi tgl 27, masih ada sisa waktu tuh sebelum orientasi lingkungan kerja yg diadain mulai tgl 3 November, kepengen lah gue pulang secara mbak kos gue ada yg pernah cerita klo dia bisa pulang ke rumah itu sebulan sekali, deket stasiun tinggal cus lah. Masih maju mundur si awalnya, eman eman uangnya juga, klo tiket kereta pesennya mendadak gitu ya dapetnya udah yg di atas 200, pulang pergi 400, mules nggak tu. Tapi qodarulloh, laptop gue rusak lagi setelah beberapa waktu sebelumnya diservis, dan waktunya pas banget masuk garansi sebulan, tgl 29 kemarin. Langsung deh gue kontak orang rumah suruh nyari tiket tgl 28, ya gimana lagi sinyal di kos gue kan ampun ampun, hush bersyukur.
Dan singkat cerita, tibalah gue di rumah dengan selamat, alhamdulillah, dan laptop gue juga udah selesai dibenerin, alhamdulillah lagi.
Sebenernya klo mau dipikir lagi, ini kayak semacem kebetulan nggak si, gue galau pengen pulang tapi dalam keadaan bimbang dateng lah alasan kuat yg mengharuskan gue untuk pulang. Tapi gue nggak pernah setuju dengan yg namanya kebetulan, nggak ada yg begitu itu. Semua hal di dunia ini udah diatur, udah ada yg atur, tinggal kitanya yg mau diatur apa enggak. Gue percaya banget yg namanya takdir dari Alloh, dan gue nggak percaya dengan yg namanya kebetulan, titik.

Kenapa gue tekankan di situ? Baca cerita gue selanjutnya dengan seksama.

Setelah gue naruh laptop gue di tempat servis, balik lah gue ke rumah buat istirahat, dan gue baru inget klo gue harus buka rekening di bank BRI sama Mandiri, dan juga bikin NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Saat dikasih tau klo harus bikin itu semua, gue nggak terlalu mikirin, ah paling bisa lah bikin di Jakarta, lewat online paling juga bisa, kan sekarang serba canggih zamannya.
Dan ternyata gue salah.
Buka rekening dan NPWP itu harus berdasarkan KTP domisili asal kita, itu standarnya, yg biasa dan nggak ribet. Bisa si bikin di tempat perantauan, cuma ya itu ribet di surat pengantar dan sebagai bagainya. Temen temen gue yg di Jakarta sampe bingung bingung gimana bikinnya, tapi alhamdulillah alhamdulillah banget, gue pas banget lagi di rumah. Jadi ya udah, gue dengan tanpa kendala yg berarti bisa nyelesaiin dua rekening dan NPWP itu dalam sehari, alhamdulillah.
Dan itu semua bukan kebetulan, sangat bukan. Gue nganggepnya si sebagai kebaikan Alloh pada makhluk-Nya yg sering durhaka ini, huff. Alloh itu selalu aja melimpahkan kasih sayang-Nya, kita ini yg kadang nggak tau diri..sedih nggak sih.
Let us go back to Alloh, ayo kembali ke Alloh..kita ini bukan apa-apa tanpa-Nya..

Sebenernya masih ada yg mau gue ceritain, cuma lagi lumayan ribet nih, mau balik ke Jakarta nanti jam 9 insyaAlloh, ini aja seadanya banget gue nulisnya..semoga ada manfaatnya aja deh. Saling mendoakan yaa :D

Ini foto-foto dan sedikit penjelasan tentang pembuatan rekening sama NPWP..
Klo bikin NPWP sih udah gampang, soalnya ada prosedur via online, buka aja web pajak.go.id atau ereg.pajak.go.id trus tentang apa bagaimana dimana dan sebagainya itu udah banyak kok infonya beredar di dunia maya, tinggal mancing deh.
Yg gue lakuin pertama kali buat bikin NPWP adalah buka web pajak, bikin akun pake email yg aktif dan isi ereg-nya. Ngisi data-data diri gitu deh, trus nanti di akhir ada upload scan KTP. Nah berhubung gue ngantuk, ternyata prosesnya belum selesai udah gue close. Nggak masuk deh ke database.
Tapi tenang, nggak ada yg sia-sia, dengan isi data-data, kita bisa tau kantor pajak mana yg harus kita datangin untuk bikin NPWP secara manual. Berhubung gue tinggal di Kabupaten Semarang, jadi gue diarahin ke KPP Pratama Salatiga. Udah deh ke sana, isi formulir, bawa satu fotokopi KTP, tunggu antrian, dapet tanda terima, pulang.
Simpel kan? Klo ada yg membingungkan tanya aja sama petugasnya, pasti dijelasin kok..
Oh ya, NPWP itu nggak langsung jadi, kita cuma dapet tanda terima trus disuruh nunggu pak Pos dateng ke rumah. Tunggu deh dengan sabar..









Itu tentang bikin NPWP, klo buka rekening bank sedikit lebih ribet, biasa prosedural.
Yg kita butuhin cuma fotokopi KTP sama duit yg pasti. Tinggal dateng ke bank-nya, bilang mau buka rekening trus dengerin instruksinya. Bla bla bla, beres. Nggak ahli kayak petugasnya si gue buat njelasin tanpa liat teks, hehe..pokoknya begitu. Pas bikin kemarin, gue pilih paket yg saldo awal 500.000 buat Mandiri, sedangkan BRI 100.000. Itu serius lhoh yg Mandiri segitu, emang nggak abis pikir gue, alhamdulillah lagi bawa duit pas itu. Uhm kira-kira prosesnya sampe setengah jam-an di tiap tiap bank, lumayan.
Untuk info lain, silakan menjelajah di blog blog tetangga sebelah :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar