Kamis, 09 Oktober 2014

Kreasi Pondan Black Forest : Comel, Choco Caramel

Karena bulan ini bulan bahagia, i wanna write about cooking cakes..yumm
ready to be starving?

Cake yg pertama ini gue kasih nama Comel, singkatan dari choco caramel. Lucu ya?
Klo di upin ipin mah comel itu artinya lucu, kayak gue dong..ah enggak, gue cukup cantik aja. Tampar tampar.

Seperti biasa, gue yg sangat pemula dalam masak memasak, bakal pakai bahan semi instan, such as Pondan dan Chesa, yg terkenal itu si, kurang tau deh yg lainnya apa, boleh bagi-bagi lho klo situ punya referensi.
Kali ini yg dipakai Pondan Black Forest, nggak tau kenapa sering banget pakai yg ini. Klo diitung-itung ini udah ketiga atau keempat kalinya pakai Pondan Black Forest, enak kali ya.
Sebenernya nggak niat-niat banget mau bikin cake ini, pas mampir belanja nyokap liat ini trus nyuruh beli deh. Parahnya adalah kita cuma liat bahan tambahannya yaitu telur, udah titik. Padahal klo beneran mau bikin yg kayak digambar, harus ada tambahan buat bikin krim-nya, udah deh nggak ngerti lagi mau jadi apa ntar.
Eit, buat gue nggak ada yg sia-sia, selalu puter otak untuk setiap kemungkinan, dan liat aja nanti mahakarya apalagi yg gue bikin dengan mendobrak peraturan yg ada, hahaha! We call it bluway, yes my way..

Langsung aje yee..
Bahan-bahannya adalah:
1. Pondan Black Forest 17k
2. Telur 5 butir 6k
3. Mentega 1,5 bungkus (yg 1 bungkus beli 4k, yg setengah bungkus nyolong dapur)
4. Gula halus (nyolong juga)
Total : 27k + sumpah serapah nyokap


Alat-alatnya:
> Mangkok berbagai ukuran sesuai kebutuhan (ini kok random banget ya)
> Sendok, spatula, atau apa aja yg bisa buat ngaduk
> Mixer, ah akhirnya punya juga, walaupun bukan dari sponsor, uhuk beli sendiri, alhamdulillah!
> Oven dan loyang-loyangnya
Ini nulis alat-alatnya sebenernya cuma mau pamer punya mixer sama oven baru, haha songong kan gue.
Enggak si, gue mau share klo gue punya Alloh dan itu udah lebih dari cukup. Kita cuma disuruh minta, yakin, then Alloh yg ngatur sisanya. Alloh itu selalu punya cara yg indah untuk mereka yg percaya, meski kadang berbeda dari harapan kita, ah siapalah kita..nggak akan sanggup menggapai kuasa-Nya..

Tahap pembuatan, here we go:
1. I will tell you one funny fact, sebenernya di belakang box Black Forestnya itu diminta 10 butir telur, 6 butir utuh dan yg 4 cuma kuningnya. Ehem, berhubung gue nggak mau mubadzir, ya bayangin aja 10 telur sodara-sodara! Itu klo buat anak kos bisa buat makan seminggu, itupun masih sisa, bener kan? So, gue bikin jadi 5 aja telurnya, 3 utuh 2 kuning tok. Buat dimakan sendiri inih, nggak ngaruh-ngaruh amat mau 10 atau 5, heu! Bluway pertama.
Jadi langkah pertamanya, pecahin 3 butir telur, dan 2 butir diambil kuningnya aja.
Trus, lelehkan mentega 150 gram, kira-kira 3/4 bungkus. Kita ngelakuin ini di awal biar mentega cairnya adem dulu sebelum dicampur ke adonan nanti. Oh iya, harusnya di sini pake butter juga, yg mahal harganya itu, tapi gue males, jadilah pake mentega tok. Bluway kedua.



2. Kocok telur dengan kecepatan tinggi, pake mixer boleh, pake tangan boleh banget, maksudnya pakai kocokan biasa, itung-itung olahraga. Dikocok sampai warnanya pucet, putih susu gitu.



3. Masukkin tepung pondan-nya, kocok sampe nyampur sama telurnya, ini nggak usah lama-lama yg penting nyampur aja.


4. Masukkin pasta cokelat, udah satu paket sama tepung pondannya. Masukkin juga mentega leleh yg udah dingin. Baru deh dikocok lagi sampe nyampur semua.




5. Siap masuk ke loyang yg udah dilumurin mentega, biar nggak lengket. Gue pake loyang ukuran kira-kira 30 x 30 dengan tinggi 1 cm, sama 20 x 20 dengan tinggi 2 cm, ukuran ala gue, bluway ketiga.
Next, siap panggang!


6. Nah, sekarang kita bakal masuk ke master bluway, cara gue yg bener-bener gue, absurd! Tapi justru di sinilah inti dari cake Comel gue. Penasaran? Lanjutin bacanya yee..

Sambil nunggu cake-nya dipanggang, gue iseng mau bikin krim-nya. Eh inget kan klo gue nggak belanja bahan buat bikin krim? Trus gimana?
Kan udah gue bilang, gue selalu punya cara, walau jarang berhasilnya.
Kita tadi di awal pake 2 telur di kuningnya doang kan? Masih ada putihnya dong, ya kan, ya dong. Iseng coba-coba gue nyampur tuh putih telur sama mentega yg setengah bungkus sisa roti tawar, sama gula halus hasil penjelajahan di lemari makan. Harapannya si bisa jadi krim, tapi kenyataan memang terkadang pahit. Tsah!
Sejak kapan putih telur bisa jadi krim?? Sejak kapaaan?
Putih telur itu udah cair, lengket, dicampur mentega yg juga lengket, berminyak, tauk deh apaan jadinya. Percampuran yg aneh, dan fail!
Hampir desperate gue, mau dibuang kok eman-eman, tapi mau diapain nggak ngerti juga.
Satu-satunya cara ya dijadiin adonan kue lagi, tambahin tepung terigu dikit, aduk, jadi adonan, mbuh adonan apa.
Well gue lakuin itu, bikin adonan satu lagi, panggang. My master bluway.
Dan jadi lah seperti gambar di bawah ini. Adonan fail tadi jadinya yg warna cokelat muda, kayak karamel kan? That's why, gue kasih nama choco caramel. Nggak nyangka kan, adonan gagal justru jadi cikal bakal? Jadi penentu nama sebuah karya..
So, tau dong gimana harus menghadapi kegagalan. Keep on your positive feeling, find out the simple way, then menangkan pertarungan!


7. Setelah semua cake mateng, angkat, biarin dingin bentar. Soalnya nanti mau ditumpuk, dan butuh krim mentega buat nyatuinnya.
Walaupun tadi gagal bikin krim, gue tetep mau bikin krim dengan cara gue sendiri, bluway kelima.
Yg gue campur, sisa mentega yg emang bener-bener sisa, sama gula halus, udah deh kocok bentar. Jadi.


8. Setelah semua perjalanan yg menguras emosi, ya gimana enggak, yg namanya fail itu mau nggak mau menggoreskan bekas meski halus, dan untuk mengobati berusaha bangkit itu butuh banyak energi..dan emosi. Tapi pada akhirnya, enak banget woy cake gue, beneran deh! Haha tiba-tiba begitu..
Walaupun nggak secantik cake-cake di toko, tapi gue sangat bangga, selalu bangga sama apapun yg gue buat, apalagi enak, it's a plus point!


Dan begitulah akhirnya..gimana? Siap untuk your own way? Say yes! :D
Ditunggu yaa, another cake story dari gue..i am waiting from yours too :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar