Kamis, 25 September 2014

Cara bikin Cappucino dengan alat sederhana ala gue..

Lagi-lagi terinspirasi dari sebuah thread di kaskus. Dengan judul Cara Bikin Cappucino Ala Kafe di Rumah, sukses bikin gue nggak mikir dua kali buat bikin cappucino sendiri. Thanks bro!
Sebenernya udah sering sih baca tulisan sejenis, cuma karena emang kebanyakan pada profesional yg nulis jadi ya kagak bisa gue ikutin, selain masalah skill, alat-alatnya pun belum punya. Pengen deh dapet mahar seperangkat coffee maker, ups sesat gue, tapi klo ada yg mau kasih gue terima dengan senang hati kok. Gila.
Nah tulisan agan yg satu ini beda dari yg lain, simpel gampang sekaligus membuka mata gue klo nggak harus pake rotan, akar pun jadi. Maksudnya, selalu ada alternatif yg bisa kita pilih. Jadi jangan sampe gara-gara satu hal sepele, bikin kita mundur seketika. Puter otak dong.

Lanjut ke making cappucino, sebenernya alat asli yg ada di coffee shop yg dipake buat ngeracik kopi dan susu itu bisa kok diganti pake alat yg ada di dapur kita. Kayak coffee grinder dan brewer bisa lah diganti kopi item yg udah digiling trus dilarutin pake dikit air panas, saring deh. Trus milk steamernya tinggal diganti susu yg dipanasin bentar. Buat bikin foam-nya bisa dengan ngeblender susu cair sampe muncul busanya. Simpel kan?
Tapi ya jangan tanya kualitas apalagi rasa, pasti enak dong, lhoh.
Ya sebelas dua puluh lah, haha jauh dong. Enggak juga si, ya pilih kopi item yg agak mahalan dikit, susunya juga. Hatinya juga dibagusin dikit, beneran deh, semua yg dibikin pake hati itu bakal bermakna kok.

Sebenernya si stepnya dan lain-lain udah lengkap ada di thread yg gue share di atas, jadi gue nggak akan jelasin detil lagi. Sok baca ke sana sendiri, jangan males.

Ya udah, langsung ke proses pembuatan cappucino dengan alat yg sangat sederhana dan simpel ala gue yuks.


Bahannya :
1. Kopi item bubuk, merk Indocafe, jadi kopinya ini kopi item bubuk tapi udah instan, nggak perlu disaring lagi. Pake kopi item lain terserah aja, tapi klo yg berampas jangan lupa di saring ya, soalnya kita cuma butuh sari kopinya, atau yg pro si bilangnya espresso.
2. Susu putih cair yg udah di pasteurisasi, ya intinya yg udah steril. Gue pakenya susu ultramilk yg plain. Jadi emang jatohnya rasanya pait gurih gitu, klo mau bisa ditambah gula pasir.
Alatnya :
Cangkir atau mug, sendok, blender, pemanas air

Let's start!
Pertama, seduh kopi itemnya. Takaran gue sih satu sendok, trus airnya sepertiga cup aja. Oh ya, gue bikin dua cup, soalnya susunya bakalan kebanyakan klo cuma buat satu cup.



Kedua, angetin susunya pake pemanas air. Pake kompor nggak masalah si, cuma pake api kecil aja. Jangan sampe panas banget, cukup anget aja.


Ketiga, masukin susu yg udah diangetin tadi ke blender. Blender sampe terbentuk busa, lama ngeblendnya 2 menitan lah, pokoknya jangan sampe jadi busa semua susunya.


Keempat, tuangin susu yg udah diblend tadi ke seduhan kopi sebelumnya. Nuangnya dari pinggir biar bagus. Walaupun gue juga tetep nggak bagus, maklum first try.
Kelima, tinggal main di hiasan nih. Klo yg udah jago mah pasti dibentuk bentuk gitu foamnya, tapi klo yg belum bisa kayak gue ini ya udah gitu aja deh, mau apalagi. Terima nasib.




Dan welcome my first so original cappucino that made with love.
Lumayan lah, lumayan banget. Nggak pernah kepikiran sebelumnya bakal bisa bikin sendiri tanpa alat-alat canggih. Jadi ya seneng banget, seenggaknya nggak malu-maluin klo ngaku penikmat kopi, nggak cuma bisa beli sachetan, udah pernah ngeracik sendiri woy.

Oh ya tips akhir, diusahakan pake cupnya yg ukuran standar aja, jangan yg gede banget, terlalu luas cakupan foamnya, takutnya malah ilang nanti foamnya. Trus pake blender yg kecil aja, yg buat ngblend bumbu, jangan yg jar gede, ribet. Yg terakhir, klo nggak punya blender, coba deh pake kocokan telur alias twist, klo nggak shaker semacem botol gitu, manual deh pake tangan. Gpp, paling-paling jadi berotot. Keren dong.

Okedeh monggo dicoba, jangan lupa satu cup kirim ke gue.

ps: klo ada yg nggak bener atau keliru dari tulisan gue, just say it, let me know. Secara gue juga masih belajar, butuh banget input dari banyak pihak..
hontou ni arigatou..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar