Senin, 15 September 2014

Ten books that bring a rainbow into my sky.. (part 2)

Buku keenam
Beralih ke buku-buku yg menginspirasi di masa abege gue, masa SMA. Entah kenapa, masih ada hubungan sama bahasa inggris, cuma ya beda guru, beda sekolah juga. Mungkin dunia tau klo gue emang ada keturunan dari ratu inggris, terus kenapa?
Oke lanjut. Ada beberapa guru bahasa inggris gue di SMA, salah satunya Mr. Aris Wibowo, nah beliau ini yg ngerekomendasiin buku yg sebentar lagi gue kasih tau judulnya.
Awalnya, gue sama temen sebangku-abadi gue lagi dengerin beliau ngasih materi, next disuruh ngerjain tugas, berhubung gue udah selesai dan malah jadi ngobrol sama temen gue, ya udah datanglah sir-nya ke meja gue, secara gue duduk paling depan. Ngalur ngidul, kesana kemari, sampai di titik kita ngomongin masa depan. Beliau cerita klo dulu sebelum jadi guru, beliau udah ngebayangin, uhm bahasa kerennya memvisualisasikan dirinya seolah-olah udah jadi guru. Beliau berdiri di depan cermin, dan membayangkan klo dirinya udah pakai baju korpri, seragam guru. Intinya, untuk mencapai apa yg kita mau, kita harus punya mentalnya dulu, punya perasaannya dulu. Pengen sukses, ya harus ngerasa sudah sukses. Pengen penempatan setjen, ya harus punya keyakinan bakal bisa. Uhuk.
Tanpa mengesampingkan kemungkinan terburuk, selalu ada sisa tempat untuk itu, tapi sisakan sedikit saja, hingga rasa itu seolah tidak ada.
Kuncinya di perasaan,  feeling.

Nah kita masuk ke bukunya, beliau bilang klo kita harusnya sesekali ke toko buku, cari buku motivasi, buku biografi, buku kisah-kisah orang sukses.
Itu penting. Salah satu sarana pengembangan diri.
Beliau merekomendasikan satu buku, judulnya Quantum Ikhlas, tulisan Erbe Sentanu. Buku ini yg akhirnya banyak mengambil bagian dari hidup gue, sekaligus buku yg paling menginspirasi. Entahlah,  banyak faktor, mungkin karena itu pertama kalinya gue pengen beli buku dan akhirnya memang jadi buku pertama yg gue beli selama gue hidup.
Payah ya?
Cukup gue aja yg kayak gitu. Untuk siapapun yg baca tulisan ini, plis jangan pernah ngerasa rugi buat beli buku, karena isi buku itu unpriceable, terlalu berharga hanya dengan selembaran rupiah. Klo punya rezeki berlebih, investasikan buat beli buku. Paybacknya, keuntungannya bisa kita dapetin saat itu juga..nggak ada ruginya deh.
Ehm, balik lagi ke buku Quantum Ikhlas, jenis buku motivasi yg sebagian besar berfokus kepada hati, didukung dengan ayat Al Quran, hadits, dan kata-kata mutiara, serta audio suara alam yg syahdu, makes this book become one important book to be read..
Bagian dari buku ini yg gue deklarasikan sebagai moto hidup gue adalah tentang berperasaan positif,  positive feeling. Masih inget kan tentang perasaan,  mental yg harua dipunya dulu sebelum kita memiliki sesuatu. Inilah sumbernya.
Karena pada hakikatnya, hati, yg memiliki perasaan, jauh lebih besar pengaruhnya bagi hidup kita, ketimbang otak. Kalaupun kita menggunakan otak dalam mengambil keputusan, gue yakin pasti pada akhirnya kita akan bertanya dulu pada hati kita untuk meyakinkan.  See?

Ah udah aah, galau udah kaan?
Further story, text me aja, mari berkerja sama, hahaha!
Quantum Ikhlas, Erbe Sentanu


Buku ketujuh
Akhirnya setelah sekian nomor, sampe juga ke nomor ini, jadi spesial karena muncul juga buku fiksi dalam daftar sepuluh buku yg berpengaruh di hidup gue.
Masa SMA, temen-temen terdekat gue, keranjingan novel, buku di atas 300 halaman dengan cerita di luar kuasamu dan dengan harga di luar kantongmu. Say big NO.
Nggak ada tertariknya buat beli, ataupun sekedar pinjem. Gue lebih tertarik ngerampungin seluruh uji kompetensi di LKS ketimbang berlama-lama begadang buat namatin sesuatu yg lebih cocok jadi alas kepala gue pas tidur. Serius but sorry to say yaa, that's just how i feel.

Sampai suatu saat, uhm pas libur kuliah, baru tahun kemarin si, gue yg pengen cari peraturan tentang Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) di gramed nggak sengaja ngeliat sebuh sebuah buku. Background cover warna putih dengan gambar gereja berkubah warna warni membelakangi bangku taman berselimut salju, freeze seketika.
Itu perpaduan layout yg aah, cantik!
Dengan penulis yg nggak perlu ditanya lagi kualitasnya dalam mengemas kata, kang Abik, Habiburrahman El Shirazy, make me not think twice to grab it. Dan you know what, buku yg harusnya gue beli, tentang peraturan itu, tetep gue beli kok, cuma yg harganya paling murah, paling tipis pula. Gpp, yg penting masih sesuai rencana, walaupun beda kualitas,  heu ngeles.

Judul bukunya Bumi Cinta. Gue nggak tau, pokoknya dua kata itu sangat cukup bikin gue sesak, mbuh ngopo.
Dan ceritanya, superb gilak!
Nggak pernah nyesel beli buku ini, walaupun harus mengorbankan PBJ, haha.
Kang Abik itu menghidangkan fantasi kota Moskwa, Rusia dengan gabungan sensasi rasa dinginnya perbedaan, hangatnya cinta, dan manisnya iman.
Beliau yg belum pernah ke Rusia (menurut yg gue baca di suatu milis), bisa menggambarkan kota katedral itu dengan sangat anggun. Kalo bukan kang Abik, sepertinya gue bakal susah percaya. Ngarang 546 halaman dengan hanya berbekal foto, tulisan,  dan bumbu rahasia berupa imajinasi, itu cuma orang jenius yg bisa. Wow. Standing ovation buat beliau.
Gue nggak mau nyeritain bukunya, pasti nggak bakal seujung kuku meskipun gue nyontek sekalipun. Baca sendiri and feel the scent.
Oh ya, satu lagi,  gue paling suka sama karakter Linor, selain namanya yg menurut gue keren, penokohan dia itu rebel gitu, gue banget. Saking sukanya gue sama si Linor, sampe gue lupa nama tokoh utamanya, parah.
Hmm, di seluruh penjuru dunia ini akan selalu ada cinta, meskipun kau tak menemukannya, percayalah mahabbah-Nya melingkupi seluruh bumi-Nya..
Bumi Cinta, Habiburrahman El Shirazy


Buku kedelapan
Buku apa yg nggak kita suka sebelumnya, nggak kita pengen punya, tapi kita harus beli dan punya?
Pertanyaan macam apa. Ya soalnya buku kali ini jenisnya ya buku yg gue tanyain itu.
Buku pelajaran. Baik pelajaran di sekolah, ataupun diktat kampus, sama aja.
Buat anak kuliahan, buku itu klo nggak minjem kakak tingkat, minjem perpus, ya potokopi-an, paling mentok punya softcopy-nya lah. Nah begitu juga dengan gue, pas kuliah buku gue sebagian besar fotokopian, diupgrade dengan dikasih sampul mika warna biru biar ada rasa bahagia dikit pas mau bacanya, oh plis.
Salah satu buku fotokopian yg gue punya adalah buku Akuntansi Pemerintahan atau anak-anak nyingkatnya akpem, asal nggak apem aja.
Entah kenapa dari sekian pelajaran akuntansi, cuma akpem ini yg nyangkut di otak dan hati gue. Mungkin bahasa yg dipake lebih manusiawi ketimbang yg lain, serius deh, anak akun pasti ngerti banget lah.
Pokoknya materi yg gue paham dan masuk di akal gue banget lah ni pelajaran, so that gue suka banget sama bukunya, bahkan gue punya ringkesan kecil dari buku itu.
But unfortunate, kagak ada ss-nya, bukunya gone with the wind, haha. Gpp, yg penting nggak ilang dari hatimu aja. Ih.

Buku kesembilan
Gue kuliah dengan jurusan spesialisasi kebendaharaan negara, yg mana salah satu kompetensi yg harus gue punya adalah PBJ, sebelumnya udah gue singgung tentang ini kan. Intinya untuk dapet gelar ahli pengadaan, gue harus ikut tes, dan harus melewati passing grade, mbuh berapa lupa. Nah namanya ujian, pasti harus ada proses belajar dulu kan? Emang si udah ada matkulnya, cuma di kuliah itu lebih ke teknis, sedangkan ujiannya menurut gue emang lebih ke pemahaman peraturan, nyambung si buat yg udah pernah terlibat, nah kita belom.
Jadilah gue cari-cari peraturan tentang itu, bukannya dapet malah beli novel, labil emang.
Sebenernya banyak tipe buku tentang peraturan PBJ itu, mulai dari yg setebel kamus berhardcover, sampai yg tipis banget pake kertas burem pula. Gue sebenernya pengen beli yg tebel gitu, biar ngerasa keren duluan, cuma kayaknya nggak bakal gue sentuh secara ngeliat tampangnya aja udah tolong-tolong. Maka dari itu gue milih ngeprin slide-slide kuliah dulu, kali aja ada yg keluar dari situ.
Di saat gue hampir lupa dengan pentingnya peraturan itu buat hidup gue,  nggak juga si, munculah gepokan peraturan tentang PBJ ini dari kelas tetangga, kelas 3H, noh udah gue sebut, bayar ye. Entah siapa duluan makhluk yg sangat menyempatkan diri buat ngeprin segitu banyak, yg pasti lu telah membuat ratusan orang berhemat karena cuma keluar ongkos fotokopi. Eh ini nggak ngelanggar hak cipta kan ya, orang buat belajar sendiri dan nggak dijual, sempet amat.
Nah say thanks so big buat anonim itu, dan sodari gue, Meini, karena dari dia gue ngopi peraturannya plus tulisan-tulisan motivasinya, pak salam super kalah mei, haha.
May Alloh bless everyone who helps each other with all kindness of life.



Buku kesepuluh
Buku ini masih anget-angetnya. Buku yg gue paksa pinjem dari sodari gue Fadhila Fatma Pramasti, matik lu gue sebarin nama lu, haha. Buku yg gue pegang sejak awal tahun tapi baru kebaca sepenuhnya beberapa bulan kemarin. Buku yg sebenernya nggak pengen gue balikin, plis semoga orangnya baca. Buku yg menyadarkan gue klo jangan pernah menilai buku dari sampulnya aja, ini makna sesungguhnya banget ya. Dan yg paling pamungkas, buku ini punya andil membantu gue lulus Tes Kompetensi Dasar 2014, tentang tes ini udah pernah sedikit gue singgung di tulisan gue yg making skck, harusnya bikin tulisan tersendiri tapi, ya selalu ada tapi.
Buku Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
Serius, gue jatuh hati sama buku ini, bukan karena apapun but the content. Jarang kan yg kayak gitu, biasanya dan kebanyakan, orang suka suatu buku itu based on the writer, siapa yg nulis, baru deh liat isinya. Nah ini, penulisnya aja, uhuk, nggak mau tau siapa, tapi rangkaian kata-kata bakunya itu asli nggak bikin males. Apalagi tentang hal yg konstitusional banget, susah loh klo nggak sabar-sabar ngerangkai kata-katanya. Ditambah selipan pidato Bung Karno yg gue dapet banget rasanya, wibawa banget, religius abis, dan yg pasti, Indonesia.
Salah satu pidato yg gue suka saat beliau nyampaiin pendapat tentang dasar negara. Itu jiwa pemimpin beliau keliatan banget, dimana beliau ngungkapin pendapatnya sambil merangkul pendapat lain, bahkan beliau udah mempersiapkan opsi lain andai misalkan pendapat beliau nggak diterima. One important thing, beliau dengan rendah hatinya selalu mengembalikan kepada Alloh atas semua yg telah beliau usahakan.
Baca aja deh pidato-pidatonya, then get the feel..



Fuh akhirnya selesai sepuluh buku..sangat belum mencakup apapun, gue sadar. Maka dari itu, gue sangat membuka diri untuk siapapun yg merekomendasikan buku apapun. Gue masih sangat ingin belajar dan akan terus belajar. Never ending learning, right?
Di samping itu semua, gue cuma berharap ada something yg bisa dipetik, dijambak juga boleh, dari tulisan gue. Maap maap klo ada salah, gue kan emang nyebelin.

Daaan final words, i dare you to write the same thing like this, please tag me if you have already done, very pleasure to know something special in your life :)
ps: jangan anggep ini pesen berantai ya, gue mah kagak maksa, tapi klo sampe nggak nulis, lewat mana pulang lu ntar? haha love peace and alhamdulillah :D

2 komentar:

  1. betewe, sejak awal baca judulnya, gw punya perasaan gak enak kalo satu dari sekian buku yg bahkan belum pernah gw baca (selain cuma scanning pas dibagiin tuh buku) bakal muncul di sini :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai :3
      Udah baca kaaaaan..ayok tulis, gue tunggu :3

      Hapus