Rabu, 03 September 2014

Tentang perjalanan pulang : Awal hari di awal bulan yg keren! (part 1)

01 September 2014
Tulisan ini sebenernya akan sangat hidup klo ada rekaman langsung atau minimal foto lah. Soalnya klo hanya lewat kata, rasanya itu kadang nggak dapet. Mana gue harus nyusun katanya serapi mungkin karena gue pengen siapapun yg baca bisa ngerasain juga, tapi berhubung gue nulisnya nggak mau ribet, jadi biar ngalir aja deh, as usual.
Oh ya, btw gue nulis ini dalam perjalanan pulang gue ke rumah, setelah sepekan main ke ibukota, tsaah main. Gegara samping gue ibu-ibu yg pendiem, tau dari sikapnya, jadi ya gue juga nggak bisa ngapa-ngapain. Yakali mau gue ajak ngobrol, rusuh banget pikirnya ntar. Jadilah gue nulis aja, sambil dengerin maps-nya maroon, lagi butuh peta nih, buat ke hatimu, ups bo'ong.
Well, perjalanan pulang gue kali ini gue lalui dengan naik kereta. Seperti biasa, gue nentuin jadwal pulang itu mbuh-mbuhan, ngerti nggak sih, mood-moodan gitu. Paginya masih hore-hore, eh siangnya tiba-tiba pengen pulang, langsung pesen tiket ke alfamart atau indomart tau lupa. Dan here we go, packing ngebut, sarapan umpel-umpelan, duh kenapa banyak kata-kata geje ya, pokoknya kesimpulannya ribet! Mulai dari pesen tiket kereta jam 8 pagi, di hari senin, di awal bulan! Kebayang nggak apa yg mau gue hadapin? Right! Kemacetan ibukota. Gue nggak pernah percaya, uhm nggak sepenuhnya percaya sesuatu sebelum gue ngalamin sendiri, dan juga dengan macet jakarta. Beneran sampe kayak di tv gitu ya macetnya, masa si? Sampe nggak jalan? Masa si? Tibalah waktunya gue merasakan sendiri, barusan.
Satu kata. Amazing!
Cerita ini bermula di suatu pagi, duh. Jadi pagi ini gue udah beres packing, udah beres semua tinggal berangkat, nah karena gue agak laper, padahal malemnya abis ngabisin seporsi sop iga sendiri, jadinya gue sarapan dulu, makan roti tawar. Gue itu klo makan juga mood-moodan, bisa lama banget, sampe tadi diburu-buru sama Nina, dia ini temen gue yg nuntun gue kemana aja pas di jakarta, keren kan gue. Sambil berjuang ngabisin roti kedua, gue berdoa semoga roti yg gue makan nggak nyangkut, berabe. Gue berangkat jam 6 teng dari rumah, dan itu awal dari cerita ini. Asli gue saranin buat yg mau pergi-pergi di jakarta, mending berangkat abis subuh atau siang sekalian daripada harus menahan sabar gegara macet parah. Itu jalanan udah kayak apa coba, penuh banget. Senggolan dikit matik tuh, atau klo nggak kena sumpah serapah klo nggak cepet-cepet jalan. Keras!
Dengan bawaan yg lumayan menguras keringat, gue harus naik angkot ke stasiun buat naik commuter line, dan itu nyebrang-nyebrang, entah naik berapa kali lipat tingkat keberanian gue saat itu. Bayangin dong motor, mobil, angkot, bajaj dempet-dempetan gitu, kesenggol dikit selesai nasib gue. Alhamdullilah sampe juga di stasiun dengan selamat tanpa kurang satu apapun, ini apadeh. Sejenak melupakan sedikit bagian dari kemacetan jakarta, gue beli lah tiket tujuan stasiun senen, trus nunggu, nunggu, nunggu, dan masih nunggu. Ternyata kereta yg harusnya gue naikin, masih diatur jadwalnya, intinya masih di stasiun awal.
Dan itu masih jauh, sementara jam udah jam berapa, belum macetnya. Nggak tau keajaiban apa yg bikin gue bisa sampe stasiun senen tepat waktu. Jakarta bro, sini sono yg lima menit bisa jadi setengah jam, apalagi yg sejam bisa jadi berjam-jam, gimana dong, nangis gue. Nina akhirnya inisiatif buat naik metromini aja, tapi perasaan gue, yakin lu? Macetnya itu loh, besok kali kita baru sampe. Tapi akhirnya gue ngikut juga. Dan bener, macetnya itu nggak bisa diampuni. Klakson everywhere. Udah kayak baru punya motor aja, apa baru bisa naik motor. Gue paling sebel tuh, semua juga tau klo lagi macet, jadi ya sabar aja, tahan lah itu jempol buat mencet klakson, ini juga berlaku buat yg naik mobil. Kita semua di jalan yg sama, sama-sama mau cepet, sama-sama panas, sama-sama kena macet, jadi ya udah biasa aja, nggak ada yg perlu dibanggain dengan mencetin klakson, saut-sautan pula. Berisik.
Karena naik metromini nggak sampe-sampe, gregetan minta ampun, ngejar waktu banget pokoknya, akhirnya kita mutusin turun setelah kurang lebih setengah perjalanan. Apa yg selanjutnya terjadi? Akankah cerita ini mencapai klimaks dan berakhir tragis, atau justru seperti di dongeng-dongeng, minjem kata-katanya nina, dengan akhir yg bahagia? Nanti yaa, mules juga naik kereta nggak minum anti mabuk dulu, coba-coba si. Lanjut nanti ya, mau bobo pagi dulu nih, biar awet muda, duh. See yaaaa..

ps : gue kasih satu oleh-oleh foto, gue jepret di tengah perjalanan, agak nekat si secara gue duduk nggak deket jendela..jadi itu minuman 'terlarang' bukan punya gue, catet..




Part selanjutnya klik di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar