Senin, 18 Agustus 2014

My journey in making SKCK 2014

Selamat malam dunia..
Jujur perasaan gue lagi campur aduk saat ini, dari mulai rasa lumayan seneng, sebel, sedih, galau,  cemas, bersemangat, males, semuanya ngumpul jadi satu.
Gue putusin nulis biar gue nggak kebablasan dan jadi gila, walaupun sebenernya udah agak telat, haha becanda.
Apa dan kenapa dengan perasaan gue, nggak akan gue expose, nggak ada makan siang yg gratis kan? Apalagi perasaan gue. Wani piro.
Tapi gue serius, many things that i havent shared, pengen banget ada yg mau nulis tentang gue, semacem biografi gitu, gue bakal ceritain semua-muanya tentang gue. Dan nggak akan nyesel deh. So, buruan ajuin proposal yaa.
Malah promosi.

Oke deh kita lupakan sejenak iklan di atas, jadi sesuai judul, gue akan bahas perjalanan gue sewaktu bikin SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) kemarin, tapi gue akan persingkat karena kena tambahan biaya klo mau cerita yg lengkap. Plis.

Karena gue mau daftar CPNS di Kemenkeu, sibuk lah ngurus berkas ini itu, dan berkas yg lumayan ribet itu adalah skck dan surat kesehatan jasmani rohani. Kali ini gue ceritain yg bagian skck dulu deh, ntar klo inget cerita selanjutnya akan menyusul, tapi nggak janji yaa.

Sebenernya bikin skck itu nggak susah, cuma agak ribet karena harus kesana kemari. Nih bayangin alurnya :
RT -> RW -> Kelurahan -> Kecamatan -> Polsek -> Polres

Kok kayaknya nggak seribet itu ya?
Entah lah, rasain aja sendiri.
Awalnya gue harus minta surat pengantar dari rt, rumah pak rt cuma berjarak dua rumah dari rumah gue, jadi nggak ada kendala yg berarti. Alhamdulillah beres, cepet.
Berhubung gue mintanya malem, jadi nggak bisa langsung ke rw, ditunda keesokan harinya.
Besoknya, gue ke tempat pak rw, cuma mau minta cap sama tanda tangan di surat pengantar dari pak rt, but u know what? Itu pertama kalinya gue tau rumah serta penghuninya alias pak rw-nya. Ckck payah deh. Tapi ya gimana lagi, mungkin memang belum ditakdirkan bertemu sebelumnya. Dih.
Rumahnya pak rw ada kayak di keraton itu lho, ukiran gitu, jowo banget, apik.
Di step ini juga lancar jaya. No pungli!
Ya apalagi yg gue malesin klo berhubungan sama birokrasi, semacem udah mendarah daging. Eneg banget.
Sangat merindukan abdi negara yg berintegritas tinggi. Duh jadi kayak ngingetin diri sendiri. In-syaAlloh lah, semakin ke sini makin keliatan harapan untuk birokrasi kita yg lebih baik. Dan gue pastiin, gue ikut ambil andil di dalamnya..aamiin

Next, masih di hari yg sama, di pagi yg hangat, setelah dari kediaman pak rw yg apik, gue langsung ke kantor kelurahan. Gue sampe jam setengah 8 lebih, karena etimasi gue jam kerja itu mulai jam 8 jadi lah gue nunggu setengah jam. Eh tapi jam 8 lewat, belum ada tanda kehidupan di tu kantor. Setelah menimbang-nimbang dengan sedikit perasaan kecewa,  karena ya harusnya bisa segera selesai tapi musti ketunda dulu, akhirnya gue ngurus surat kesehatan dulu. Skip.
Hari berikutnya, gue dateng ke kelurahan jam 8.15 dan sepertinya baru dibuka. Udah deh langsung bilang mau bikin pengantar skck, jadi surat pengantar dari rt diganti dengan surat pengantar dari kelurahan, abis itu minta cap stempel sama tanda tangan ke kecamatan. Beres. Cepet, karena masih pagi kali ya, sepi si. Di dua tempat tadi cuma butuh 10 menitan lah, udah termasuk perjalanannya tuh, cepet kan?
 
Nah ini yg penting,  komen gue tentang proses-proses kesana kemari itu, gue ambil ss dari fesbuk gue aja ya, males nulis lagi. Komen-komen itu gue publish realtime, jadi langsung abis kejadian. klo ada yg mau komen bisa meluncur ke fesbuk gue, kita kupas tuntas di sana.
Here the shoots go.
baru mau nyari surat ke pak rt, semangat!
abis minta surat ke pak rt
mikirin hari esok, fuh
abis minta cap dari pak rw
abis dari kelurahan dan kecamatan

Seru ya, eh tapi sebenernya cerita ini baru akan dimulai. Hahaha. #evilgrin
Selesai urusan di kecamatan, dengan berbekal sehelai kertas berisi kumpulan huruf yg tercipta dari ketukan mesin bertuts besi, gue langsung meluncur ke polisi resor Semarang di Ungaran. Atau bisa lah dibilang Polres Ungaran, polres di Ungaran, no problemo toh?

Gue sebenernya udah baca langkah-langkah ngurus skck, tapi berhubung dikasih tau pak rw suruh langsung ke polres, yaudah tanpa ragu gue langsung meluncur. Cuma kayaknya emang nggak asik klo hidup gue segampang itu, masa tiba-tiba selesai tanpa adegan dramatis beruraian air mata, nggak bisa gitu.
Sampai di polres bagian pengrusan skck, dengan santainya gue mengulurkan secarik kertas dan bilang mau bikin skck. Bapak polisinya bolak-balikin kertas gue dan.....ke polsek dulu ini. Jedeeeer.
Gue : Loh pak, kata pak rw langsung ke polres aja.
Pak polisi : ya tanyanya ke polisi dong, kan polisi yg bikin.

Udah deh gue lari ke parkiran dan minta adek gue ngebut tapi hati-hati ya, heu.
Kayaknya gue salah ngartiin kata pak rw deh, pokoknya salah gue, gue terima kok.
Oh ya kembali ke aksi kebut-kebutan gue, dengan adek gue sebagai supirnya. Jarak Ungaran ke polsek itu lumayan bro, mana segala pake ada betonisasi jalan,  macet. Tapi alhamdulillah bisa sampai polsek dengan aman.
Gue kira surat pengantar yg gue bawa kesana kemari sampai lusuh itu bakal diganti dengan pengantar dari kepolisian, elit dikit lah.
Eh tau-taunya cuma dicap/distempel di bagian belakangnya. Mak!
Gue bela-belain ngebut demi sebuah cap stempel, gratis pula. Bayangin. Masalahnya dimana neng?

Balik lagi ke polres jam setengah 11, dan karena itu hari jumat maka teriaklah pak polisinya, cepet ya, jam 11 istirahat!
Lu bayangin, orang abis kebut-kebutan,  lari-lari, belum selesai napas udah dibilangin kayak gitu. Tertantang,  man!
Form yg lumayan banyak itu gue isi nggak sampe 10 menit, wis nggak jelas tulisannya kayak cakaran ayam, yg penting hari itu juga harus jadi. Cara isi form-nya ada di meja penulisan kok, jadi semua kita lakuin sendiri, pak polisi cuma akan bilang 'silakan dibaca petunjuknya' ketika kita nanya hal yg sifatnya prosedural. Dan jangan sampe kita masih nanya, keliatan banget males baca, malu!

Udah semua diisi trus nunggu, pokoknya ikutin arahan aja, jangan lupa bawa fotokopi KK sama fotokopi KTP, trus foto berwarna 3 x 4 4 lembar.
Abis ngisi form, gue rekam sidik jari, ini hati-hati buat cewek, ya karena tangan kita bakal dipegang sama laki-laki non mahrom. fuh. Klo memungkinkan dan harus mungkin, kita bolak-balikin tangan sendiri aja, bilang sama petugasnya dengan sopan. in-syaAlloh nggak ada masalah.
Bayar sidik jari itu 10ribu, bayar bikin skck 20ribu, legalisasi gratis. Udah deh.
Dan ini dia..
rasanya tuh, plong!
my masterpiece..

Begitu lah, lika-liku kehidupan gue yg sangat gue syukuri. Tapi ribet ya? Iya seribet perasaan gue. duh.
Enggak sih, dinikmatin aja.
Pokoknya ikuti aturan, klo ada yg nggak ngerti tanya aja, everything is easy kok. Setidaknya untuk diucapkan. haha..
Well sudah larut, seorang putri juga butuh istirahat.
Dan, good nite universe!
semoga esok sehangat hari ini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar