Jumat, 07 Juli 2017

Emak Eleanors Sharing : Soto Sokaraja, tak tau rasa tapi nekat mencoba?

Assalamualaikum guys..
Jumat yang cerah, alhamdulillah.
Tapi emak-nya Eleanors lagi bosen nich, ini sengaja banget pake ejaan N-I-C-H, biar si emak ini tetap merasa muda, eh emang masih muda sih #kibasponi eh #kibasjilbab haha

Sebentar gue hidupin ost-nya BBF dulu, kenapa, ya nggak papa. Kena demam songsong couple?
Ya enggak lah. Romantisan juga UKDK couple, eeaakkk!

Eh tentang artis Korea gue punya cerita lucu, jadi kan gue mau nyebutin lagunya Lee Min Ho ke suami gegara rambutnya suami gue udah gondrong dan berombak gitu mirip Lee Min Ho pas di BBF, eh gue malah nyanyi lagunya Full House.
Gue awalnya nggak ngeh sampai suami bilang, "Mah, itu bukannya lagu Full House ya? Yang main kan bukan Lee Min Ho."
Gue ngakak.

Udah.

Kenapa jadi ke sana sana ya.
Mari jadi emak-emak lagi.

Menyandang status sebagai emak rumah tangga, duh kok gue bangga rasanya haha, secara sekarang di KTP and Kartu Keluarga itulah profesi gue.
Kapan lagi coba ada emak rumah tangga yang kece kayak gue, angkat alis.

Jadi gini, sesuai judulnya, gue mau share tentang Soto Sokaraja.
Soto Sokaraja adalah .....*all text missings*
Cari google ya.
Intinya itu soto daging yang pembedanya di sambal kacang dan kerupuk pink-nya.
Rasanya?
Gue juga nggak tau, gubrak kan.
Then what's on earth gue masak sesuatu yang gue nggak tau rasanya?
Balik lagi ke kalimat--setelah menyandang status sebagai emak rumah tangga, yes putri kalian naik pangkat nih jadi ibu ratu, cuma ndak ada dayangnya huks. Gue harus pinter pinter ngisi waktu gue di rumah dengan aktivitas. Bukan karena gue nggak ada kerjaan, tapi kadang kerjaan yang berkutat di situ situ aja bikin bosen, ya nggak.

Selain bosen, rasanya nggak adil kalau mentang mentang cuma di rumah trus nggak mau lagi menyentuh dunia luar. Salah satunya dengan nulis, bereksperimen, atau nulis hasil eksperimen, kayak gue inih hohoho.

Setelah beres semua kerjaan, which is sebagian besar emak gue yang ngerjain, secara gue kan dapet tugas penting ngurusin Eleanors, jadilah gue fokus ke mereka.
Gue mulai bosen. Trus tiba tiba kepikiran si cinta. Ah gue mah kepikiran terus, hahaha..

Si cinta itu suka banget Soto Sokaraja, cuma nyari yang cocok di lidahnya agak susah. Sedangkan gue cuma suka soto bening, semacem Soto Semarang atau Soto Kudus gitu. Seumur umur belum pernah makan Soto Sokaraja.

Dan berbekal kekuatan hape hibahan adek gue, nggak papa yang penting nggak miskin kuota dan google, nekat lah gue mau bikin Soto Sokaraja.
So..
Langsung aja liat jepretannya yaa..


Seperempat kilo daging sapi, potong kecil, rebus


Sambil ngerebus daging, siapin 4 bawang merah, 3 bawang putih, 2 kemiri sangrai, 2 cm jahe, 3 cm kunyit. Phlis jangan tanya itu ngukurnya gimana, insting emak emak cuy! 


Haluskan pake blender aja, biar nggak berotot lengannya, haha. Tambahkan lada bubuk 3 sendok teh, sama air dikit.

Jadi gini deh..


Bumbu halus tadi mau kita tumis bentar, bareng sama serai geprek 3 buah and laos geprek 2 cm.


Tumis bentar



Masukkan bumbu halus tumis ke rebusan daging, dan selesai deh bagian dagingnya..


Saatnya bikin sambal kacangnya. Tapi berhubung ini ide dadakan, jadi banyak bahan yang diganti seenak jidat gue, wekekek..
Kata si cinta, harusnya sambal kacangnya agak gelap, sedang bikinan gue terang seterang mentari pagi haha..

Bahan sambal kacangnya yang pasti kacang tanah 1 ons goreng, 4 bawang merah, 2 bawang putih, 2 sendok gula merah, jeruk nipis.
Haluskan semua, 



Sambal kacang ala gue..

Nah, daging sama sambalnya udah beres. Goreng krupuk gampang kan ya, jadi nggak gue jepretin. Eh berhubung nggak nemu krupuk pink, pake krupuk seadanya yes. Udah jangan banyak protes.

Step selanjutnya, siapin bahan pelengkap yaitu bihun tauge daun-bawang seledri.
Kesemuanya itu tidak gue masak, tapi diseduh air panas.
Kenapa?
Ya biar fresh aja. 



Dan selesai-lah eksperimen gue, dengan hasil yang cukup memuaskan.
Yang penting bisa dimakan, haha, dan si cinta suka, u u u~

Soto Sokaraja's set ala emak Eleanors ^ ^



Begitulah kurang lebih hasil mengisi waktu yang tidak luang ala gue.
Next bikin apa lagi ya..ada ide?
Let me know yes..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar