Sabtu, 30 November 2019

Emak Eleanors Sharing: Tips membuat percakapan dengan pasangan lancar



Lima tips membuat percakapan dengan pasangan lancar, nomor 5 wow banget. 😁
Judulnya mantep bener.
Ya semoga bener-bener mantep hasilnya setelah diterapkan yaa.



So, setelah melalui revisi, setelah melalui berbagai masalah hidup, ini dia tips yang bisa kami share.

1. Kedepankan husnuzon.
Penting nih untuk istri yang memang fitrahnya apa-apa dimasukin hati. Walaupun wajar, tapi perlu dihandle tingkat bapernya, jangan sampai mengarah ke buruk sangka. Selain mematik api amarah, jelas ini bikin kita tidak objektif lagi. Padahal objektif dalam berdiskusi itu penting.
Berbaik sangka saja dulu, kedepankan asas praduga tak bersalah, kemudian konfirmasi.

2. Mau membuka pikiran.
Ketika sedang berdiskusi, penting untuk menerima semua pendapat. Tidak bisa menang-menangan pendapat sendiri. Karena untuk memutuskan sesuatu yang berkaitan dengan rumah tangga, perlu urun rembug semua pihak yang terlibat.

3. To the point.
Nah. Emak mana yang kalau ngomong muter dulu, ngomong A tapi maksudnya C? Dulu emak eleanors juga gitu tuh, tapi setelah sering makan ati karena suami nggak ngeh juga, ya akhirnya capek sendiri. Enakan langsung ke intinya aja, mau ngomong apa ya jelas yang diucapkan, ndak ngalor ngetan dulu

4. Fokus menyelesaikan masalah.
Ketika diskusi memiliki goal untuk mendapatkan jalan keluar, maka fokus pembicaraan ya mengarah ke penyelesaian masalah. Emak ndak usah mikir di luar konteks topik, ujung-ujungnya nanti menerka-nerka yang nggak pasti, stay focus aja!

5. Pujilah pasangan.
Eeaaaa~ Emak tipe yang nggak sungkan bilang ke ayahnya eleanors kalau dia hebat, canggih, mantap, dll. Walaupun mungkin biasa aja, tapi pujian itu menghangatkan hati, apalagi antara suami istri, pahala ganjarannya! Aamiin.

Ya sebenarnya banyak tips lainnya, misal biasakan bilang "maaf", "tolong", dan "terima kasih". Simpel tapi dahsyat efeknya ke lawan bicara.

Semoga bermanfaat ya sharing kali ini, dan semoga dipermudah ikhtiar kita semua untuk membangun keluarga sakinah mawaddah warohmah until Jannah. 😊

#KuliahKomunikasiBD
#KelasAlKhansaBintiAmr
#emakeleanorsharing
#manajemenkomunikasi
#komunikasirumahtangga
#rumahtanggasamawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar