Senin, 28 Januari 2013

Tas Daur Ulang Bungkus Kopi..


28 Jan. 13 21.02
Mulai darimana ya ceritanya..hmm bingung sendiri ~,~
Gini aja deh..
Aku tipe orang yg nggak-tau-kenapa sayang banget kalau mau buang bungkus kopi. Aku suka banget kopi..jadi sering minum..berarti sering beli..dan artinya banyak bungkus yg udah aku buka. Tapi nggak brenti sampe situ aja, tau nggak si perasaan abis buka tiap bungkus kopi, nggak tega mau buang ke tempat sampah. Entah alasan pertama karena emang nggak tega, atau karena takut berkontribusi dalam pencemaran lingkungan (eeeaa), atau karena emang aku.nya males (kayaknya ini alasan paling logis -,-)..

Well entah lah ya, yg pasti kenyataannya udah beberapa plastik yg isinya berbagai macam bungkus kopi tersimpan dalam lemari aku. Sampe bingung pas pindahan apartment (aka kos -,-), soalnya itu plastik berasa barang-barang penting, padahal mah sampah, heu. Abis gimana si, sayang kalau dibuang. Satu satu disimpan, sehari dua hari seminggu, sebulan, sampe bertahun-tahun dan taraaa numpuk deh. Udah kayak pengepul sampah deh gw u,u

Udah udah daripada galau mikirin nasib mending ngelanjutin cerita (enakan di elu mah itu, heu). Awalnya si cuma pengen ngumpulin berbagai jenis bungkus kopi, lumayan kan kalau ada reporter tivi yg nyari orang dengan hobi yg aneh -,-. Tapi setelah diliat kayaknya bisa deh dibikin sesuatu ni bungkus (muncul lampu di atas kepala -,-)

Seriusan! Kepikiran banget punya tas cewe ya tas yg dipake cewe.cewe itu (apasi), tapi yg beda dan biru tentunya (tetep). Kenapa nggak bikin sendiri pake bungkus kopi yg numpuk itu? oke deh garap!
Setelah browsing sana.sana dan akhirnya nemu artikel yg bagus, eh drop gw :x ..secara ternyata bikinnya ribet (nggak juga si sebenernya)..mungkin karena newbie yaa. Tapi beneran deh kayak dijalin gitu, tapi sebelumnya harus dilipet.lipet dulu. Berhubung aku nggak yakin bakal bisa jadi, akhirnya aku putusin pake bungkus yg lain dulu, pake bungkus minuman cereal tepatnya. Kebetulan sering banget beli (di samping kopi tentunya) dan lagi-lagi nggak tega buang bungkusnya.

Oke fix coba pake bungkus itu deh. Jadi langkah pertama, ngumpulin dulu bungkusnya, trus gunting ujung.ujung bungkus. Abis itu bungkusnya dipotong dua, kalo bingung aku kasih gambarnya deh. Gini-gini hobi jeprat-jepret juga, walaupun nggak jelas hasilnya >,<.. trus langkah selanjutnya, lipat dan temukan di tengah. Udah deh liat gambarnya pasti ngerti, aku dulu juga otodidak gitu (tapi fail kan). Intinya abis itu dirangkai empat buah lipatan jadi kayak bikin kincir angin..trus yg paling rumit dan ekstra sabar tu di bagian ini nih, bagian ngeronce. Asli kudu sabar ~,~













Ya karena aku nggak sabar dan ditambah lagi ternyata ada satu hal yg nggak dikasih tau di artikel yg aku baca, jadinya nggak jadi deh #sedih. Di artikel itu nggak dikasih tau kalau harus ada sesi jahit menjahit untuk gabungin kincir satu dan lain, aku kira dirangkai doang, pantesan aja nggak jadi-jadi huh. Akhirnya aku ngambek (sama siapa? -,-)

Udah deh pundung kan tu, brenti sampe beberapa bulan gitu, tapi tetep aja ada yg ngganjel kalo ada yg belum selesai. Akhirnya aku bikin dengan cara lain, jadi bungkus-bungkus yg belum kepotong aku susun deret-deret, trus untuk nyatuinnya pake lakban, harusnya si dijahit tapi berhubung nggak ada mesin jahit ya udah pake rotan, eh pake lakban deh. Think smart! :D

Pokoknya yang penting jadi deh sesuatu, biar seneng dikit -,-.. dan yak jadi! Ini nih gambarnya..aku jadiin tempat kertas-kertas gitu deh. Bagus kan ya :p

 


Trus ini ada cuplikan dikit dari ya mungkin cerita selanjutnya. Ini asli ide dari aku, bahan dari aku, bahkan talinya aku sama adek aku yg bikin #nggaksombonglohya u,u. Jadi cuma jahitnya sama ngebentuk.nya yg dijahitin. Dan yg jahitin ituuu.........to be continued :P
bagus kaaaan :D #bangga


Ehem lumayan ada beberapa benda si yg udah aku bikin, tapi yaaa rahasia :D . someday lah insya Alloh ada cerita lainnya..makanya sering-sering nengokin blog aku (promosi -,-)

Intinya, setiap hal itu bisa dimanfaatkan kok asal kita mau. Yah walaupun mungkin nggak material ya, tapi banyak yg bisa kita dapet kok. Pertama, kita ikut ambil bagian (walaupun kecil si) dalam mengurangi kerusakan bumi akibat sampah yg susah terurai. Kedua, ada kepuasan tersendiri ketika kita bisa menghasilkan sesuatu apalagi kalau bisa membaginya. Ini nih yg nggak bisa dibayar pake uang, yaitu pengalaman dan kepuasan hati. And many more that you can get by doing..

Perubahan itu dimulai dari diri sendiri, dari hal terkecil  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar