Rabu, 18 Juni 2014

Cake Kukus : Mini Choco Forest

Kemarin gue terlihat sibuk dengan kegiatan jahit menjahit, sampai-sampai salah satu temen bilang kalo jiwa keibuan gue mulai tumbuh. Dih kagak tau dia kalo semenjak gue lahir, gue udah jadi ibu-ibu, secara nama gue kan bahasa arab-nya ibu. Fix itu nggak lucu.
Ya sudah sekalian aja gue mengeksplor jiwa keibuan gue dengan mencoba kegiatan yg ibu-ibu banget. Apa hayoo?
Cooking! Masak!

 Yeah mungkin sebagian besar dari lo lo yg kenal gue nggak akan percaya kalo gue bisa masak, gimana mau masak, ke dapur aja jarang-jarang. Tapi sebenernya gue bisa masak tauk, beneran deh, cuma gue pura-pura aja biar lo seneng, dapet pahala deh gue. Haha..
Ngomongin soal masak, pasti banyak segmentasi makanan yg bisa dipilih, nah passion gue ada di dessert alias kue-kue gitu. Kenapa?
Entah lah, mungkin gara-gara gue yg cute. #tolong

Syudaaaah. Daripada makin geje, gue langsung aja share pengalaman masyak-masyak gue sama adik gue tentunya.
Awalnya ide buat bikin kue ini dicetuskan oleh saudari gue, jadi dia mau bikin sesuatu buat temen-temen Liqo'nya, biasa lah saling berbagi gitu, sweet kan? makanya Liqo' dong :D
Diputuskan lah mau bikin kue kecil-kecil tapi tetep enak.
Dan dia sendiri yg beli bahan sama alat-alatnya. Jadi gue sebenernya cuma bagian eksekusi aja, sama bagian dokumentasi deh.

Kue atau tepatnya cake yg mau dibikin itu bahannya dari cake blackforest, cuma kita modif bentuknya pake cetakan kecil-kecil gitu. Gue sih nggak nganggap ini otodidak ya, soalnya kalo bikin cake bukan pertama kali ini, mungkin kalo jenis cake-nya emang ini baru pertama kali. Lumayan agak gambling juga sih, tapi lanjut teruus.
Oh ya, kudapan one bite ini gue beri nama Mini Choco Forest.
Mini karena ukurannya, choco karena cokelat, dan forest adalah hutan, haha. Forest ya dari kata blackforest itu sendiri.
Okedeh, mari kita mulai meracik ramuannya..

Ini bahan dan alat-alat yg diperlukan:


1. Tepung Pondan Blackforest Kukus, harga 17500
Kenapa pake Pondan? Karena Pondan mengandung omega tiga, B1.....plis bukan iklan ini. Ya alasan klasik, biar cepet, hheu
2. Telur 6 butir, harga 7200
3. Margarin, harga 0, nyomot di dapur nyokap
4. Meses, harga 0, sisa roti tawar kemarin
5. Cetakan alumunium, harga 12000, tapi karena jadi aset dihitung 10% aja deh #ilmudarimana
6. Kertas cupcake 100 biji, harga 1200
7. Mangkuk adonan (usahakan jangan yg logam), twist, spatula, harga 0
Total modal kira-kira 30000


Lanjut ke langkah-langkahnya deh, langsung gue jepretan dari bungkus Pondannya aja ya. Ini dia..


Oh ya, cuma karena belum punya mixer jadi gue pake twist manual, asal mengerahkan segenap kekuatan, bakal sama kok hasilnya.
Trus yg paling penting di langkah terakhir, yg pas ngaduk adonan dan margarin leleh, gue pake teknik folding. Googling aja pasti ada. Itu yg bikin cake tetep kejaga tingkat kelembutan dan kelembabannya #sokbangetlah

Langsung aja deh cek jepretan prosesnya..

Pecahin 6 butir telur ke dalam mangkuk.
Kocok dengan kekuatan penuh, sampai warnanya pucat dan berbusa (kok jadi mirip gejala orang keracunan ya)



Setelah 7 menitan, masukkin tepung Pondannya, ke tengah kocokan telur ya, biar kayak ngadon semen #nggakpenting


Lelehkan margarin kira-kira setengah bungkus, plis nggak perlu pake air


Masukkin margarin  leleh ke adonan, aduk pake spatula dgn tekhnik folding, nggak mau tau harus pake tekhnik itu


Siapin kertas cupcake dan cetakannya.
Masukkin deh adonan ke cetakan, takarannya satu sendok bebek penuh, itu bisa ngisi 3/4 dari cetakan.



Kalo mau variasi, bisa di tambah permen kecil-kecil warna warni. Karena yg ada di rumah gue meses cokelat, jadi lah itu yg dimasukkin, padahal itu nggak cocok dan fail. Dont try this.



Siap dikukus deh kurang lebih 7 menitan juga, oh ya tapi sebelumnya kukusan udah harus dipanasin ya

Dan lahir lah dengan selamat Mini Choco Forest!!
Please welcome!!


Ini yg mau dikasihin ke temen-temen adik gue, pake toples gitu deh, biar keren. Tinggal dikasih pita sama kartu ucapan, lebaran deh kita. hehe..


Total yg dihasilkan ada 54 buah, kalo dijual 600 aja, udah balik modal tuh. Bisa jadi usaha
sampingan nih :3
Apalagi kalo dikasih icing sugar atau pondan gula gitu. Jadi cupcake beneran, dan itu bisa mahal banget dijualnya :x
Nggak masalah kok mikirin profit dalam berkreasi dan berwirausaha, strategi namanya. Penting itu manusia yg kreatif dan produktif, tapi yg pasti tetep ujungnya diniatin untuk ibadah, nyari ridho Alloh, jangan lupa sedekahnya.

Wis mantep lah kalo setiap dari kita sadar itu. Indonesia bakal bangkit. Indonesia ini nggak hanya akan hebat, tapi penuh berkah. In-sya Alloh..

Jadi, mari bergerak bersama..
Bersatu untuk Indonesia..
^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar