Rabu, 11 Juni 2014

Kreasi Kain Bekas : Brosca (Bros Perca)

Setelah sebelumnya berkutat dengan recycle bungkus kopi, kali ini gue akan berkutat dengan recycle kain.
Dilatarbelakangi banyaknya baju yg sudah digudangkan, alias nggak kepake, gue geregetan pengen manfaatin itu baju. Awalnya pengen diloakin aja, lumayan kan dua karung besar penuh baju-baju. 
Kalau ada usaha yg pake kain perca di sekitar gue mah gampang ngejualnya, masalahnya di sini nggak ada, susah deh.
Akhirnya coba googling kreasi dari kain bekas / perca itu apa aja. Ketemu lah blog bagus banget. Ini blognya www.bikinanjari.blogspot.com 
Disitu banyak banget tutorial buat bikin kreasi berbahan kain. Di tengah gue menjelajah, gue tertarik sama kreasi bikin bros bunga dari kain bekas. Sejak saat itu gue putuskan buat bikin bros. Yosh!

Ada dua cara sih yg gue simpulin tentang pembuatan bros bunga ini,
1. Dengan dilipat. 
Kelemahannya agak ribet, dan susah kalo jenis bahannya agak tebel atau terlalu tipis. Jadi minimal bahannya kayak flanel, katun, yg agak kaku lah.
Kelebihannya, hasilnya bagus karena jadi ada efek lipatan gitu.
2. Dengan jahit jelujur.
Kelemahannya, nggak adaaa. Anak kecil aja bisa bikin dengan cara ini. Jadi kurang menantang gitu deh #sombong
Mungkin dari hasilnya nggak sebagus cara pertama.
Kelebihannya, bikinnya cepet, pake kain apa aja bisa.

Pertama yg gue coba bikin adalah dengan cara 1. Bunga yg dihasilin namanya Kanzashi flower, tapi apa daya, Kanzashi kw versi gue lah XD
Gini  nih langkah-langkahnya.

> Siapin kain Perca atau Kain Bekas


> Potong ukuran bulat


> Ikuti cara di bawah, kalo nggak otodidak dari sini


> Satukan dengan benang sampai bentuk yg diinginkan



> Tambahkan bagian tengah bunga, dan peniti di belakangnya.
Untuk bagian tengah bunga, kalo mau gampang ditempel pake kancing yg gepeng, trus ukurannya agak gede. Tapi karena lagi males cari, ya udah pake sisa kain aja buat bikin tengahnya. Tinggal dijahit aja, disiasati sendiri deh pokoknya.


Begitu lah hasil dari cara 1, how's? Lucu kan? kayak gue dong :3 #plis
Nah pas gue nyoba cara ke-2, saking gampangnya sampai-sampai gue lupa jepretin langkah-langkahnya. Bener kata mbak guru di blognya, bikin ini bisa addict, ketagihan!
Adik gue aja yg masih SMP, setelah gue ajarin, eh dia bikin terus. Malah banyakan bikinan dia daripada gue.
Karena lupa dirinya gue, untuk caranya lihat di sini aja yaa..

Ini jepretan dari hasil kreasi kain perca, gue namain Brosca (Bros Perca) ^_^
Alhamdulillah untuk sementara baru ini varian warnanya, tapi in-syaAlloh kalo gue nggak males, bisa nambah lagi..masih banyak stock bahan, heu
Oh ya, satu pesan penting,nggak masalah kalo lo ngerasa jahitan lo nggak rapi, lipatan nggak sinkron, guntingan menceng sana sini, it’s all about jam terbang guys! Kalo emang mau serius, istiqomah ngejalaninnya, in-syaAlloh lama-lama juga bagus.
Itu lah kenapa gue nggak perlu banyak mikir buat bikin sesuatu, jalan aja dulu, kalo nggak bagus ya dibagusin, kalo bagus ya dipublishin. Simple! :D

Brosca Pulpy Pink, Brosca Green Lily


Brosca Red Mix Pasta, Brosca Batik Sun Greeny


Brosca Green Valley, Brosca Greeny Pulp


Brosca Edisi Biru, Blue Ocean, Blue Violetie



Brosca Edisi Biru Donker


Brosca Edisi Red Flowery dan Red Scotty



And here is our masterpiece!
Brosca, a pile of hope..


Selamat mencoba..
Jadi lah berguna :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar