Selasa, 08 Juli 2014

Cookies Kuping Zebra, made using double pan..

Cerita tentang masyak-masyak lagi aaah.
Kali ini mau bikin yg dipanggang, inget ya dipanggang bukan di-oven. Ntar gue ceritain kenapa.
Nyokap gue itu sebenernya pinter bikin kue-kuean, cuma ya gegara ngurus buntutnya yg lima alias gue dan adik-adik gue, jadilah terpendam itu bakat. Nah mumpung ada waktu luang, kayaknya seru nih kalo cooking time bareng-bareng semua wanita penghuni rumah.
Entah kenapa keputusan menu yg dibikin itu kue kuping gajah, tau-tau udah beli aja bahan-bahannya. Satu hal lagi yg mau gue komplain, kenapa namanya harus kuping gajah? padahal kan belang-belang gitu warnanya, hayoo. Berhubung gue paling sebel sama hal yg nggak konek gitu, gue ganti lah namanya jadi Cookies Kuping Zebra, lebih masuk kan? #serahlu



Ya wis cukup dengan sengketa penamaan kue itu. Langsung ke bahan-bahan dan prosesnya aja deh ya. Eh sebelumnya maap ye kalo ini agak sesat soalnya ukuran bahan-bahannya kira-kira alias ngarang, dipantes-pantesin gitu, jadi kalo mau kembali ke jalan yg benar search sendiri di lapak sebelah ya. gomen ne.

Bahan-bahannye:




1. Telur 4 butir. Ini yg dipakai kuningnya aja, putihnya buat maskeran #becanda
2. Tepung terigu kurang lebih setengah kilo.
3. Mentega kurang lebih seperempat bungkus.
4. Gula pasir kira-kira 200 gram, plis jangan tanya itu ngukurnya pake apa.
5. Baking powder secukupnya.
6. Pewarna coklat

Langkah-langkahnya:
1. Pisahin kuning telur 4 butir. Duh ini sebenernya telurnya kebanyakan, nanti ini yg bikin hasilnya lembut banget, saking lembutnya sampe-sampe langsung hancur pas disentuh #itumahrapuh


2. Masukin gula pasir ke bowl yg udah ada kuning telurnya. Siap dikocok pake baloon twist, masih inget kan kenapa gue nggak pake mixer? belum ada yg nyeponsorin!


3. Masukin mentega ke campuran telur dan gula, aduks lagi.


4. Masukin baking powder dikit, dan kembali diaduk.


5. Nah step yg ini yg mulai ribet. Nyampurin tepung ke adonan sebelumnya, dan silakan menguleni, pake TANGAN. Karena kita nggak mau ketambahan rasa lain, maka sangat dianjurkan untuk cuci tangan dulu. Oh ya, abis itu tangan harus kering, dan dikasih sedikit tepung, biar nggak lengket. Oke deh, selamat berlengket-lengket riaa!








6. Kalo udah kalis dan nggak lengket adonannya, pisahin seperempat bagian buat diwarnain coklat.




7. Berarti kita udah punya dua bagian, siap ditumpuk dan digilas/diroll, biar jadi SATU. Nggilas, duh apa ya bahasanya, ngeroll, bisa pake yg dari kayu atau pake botol kaca yg dilapisin plastik.
Trus penting buat naruh adonan di atas plastik, soalnya adonannya harus digulung, dan plastik itu sangat membantu dalam menggulung. Thanks plastic.




8. Setelah adonannya digulung, langsung dipotong deh. Step yg ini kagak ade fotonya, ribet, kagak sempet ngepoto, sori yee.
Ini hasil potongannya.



9. Nah ini nih yg gue spoiler tadi di awal. Kue ini nggak di-oven tapi dipanggang. Kenapa? Karena gue masaknya pake double pan. Kenapa nggak pake oven? Karena ovennya masih di toko. puas?
Bisa kok pake double pan, tinggal diolesi mentega terus dimasak di api kecil, jadi deh oven ala gue.
Nggak perlu lama-lama masaknya, karena double pan kan panasnya atas bawah, lumayan cepet, main di apinya aja.




10. Jadi deh setoples ukuran sedeng-an, mendekati kecil sih, tapi lumayan. Alhamdulillah rasanya yumm, empuk lagi, secara kebanyakan telur. heu..


Well, masak itu tentang rasa sih, jadi kalo kita masaknya dalam keadaan bahagia, nggak terpaku sama aturan bla bla itu, pokoknya fokus ke bagian-bagian penting, in-syaAlloh hasilnya memuaskan kok. Sama halnya dengan memilih pemimpin, balikin ke hati, balikin ke rasa, boleh tutup mata tapi buka mata hati. Nikmati prosesnya, inget nikmat yg sejati itu balik lagi ke hati, bukan ke otak yg penuh intrik. Dan hasil akhir, sepenuhnya kita serahkan kembali kepada Sang Pemilik Hidup, yg penting apa yg kita usahakan itu hasil dari proses berdamai dengan hati bukan menjunjung tinggi ego diri..
Damaiiiii Indonesia ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar