Sabtu, 12 Juli 2014

Mahasiswa dan Pemuda Semarang Peduli Palestina

Indonesia stands with Gaza



Aksi Solidaritas Peduli Palestina
Jumat, 11 Juli 2014
diikuti Mahasiswa dan Pemuda dari berbagai universitas dan lembaga di Semarang dan sekitarnya.
Start dari Masjid Baiturrahman, Simpang Lima Semarang, kemudian jalan menuju ex-videotron depan UNDIP Peleburan.

Pagi itu gue sangat bersemangat, meskipun hari Jumat itu selalu punya tempat tersendiri di hati gue, tapi untuk hari itu beda. Gue mau ikut Aksi Peduli Palestina.
Kenapa? Karena gue manusia. Cukup.

Gue berangkat dari Ungaran bareng dua sodara gue (Lila dan Iip), karena mereka emang udah lebih dari sekedar temen, ah bahkan kita umat Islam memang sodara seiman kan?
Alhamdulillah perjalanan berangkat ke Baiturrahman lancar jaya, thanks buat sodara gue yg lainnya (Adzki) karena udah mau boncengin gue ke Baiturrahman-nya, secara Bus Trans Semarang ke arah sana lumayan padet dan gue paling nggak bisa kalo disuruh berdiri lama. Lemah emang.

Kita berempat jadi orang-orang yg paling awal dateng ke tempat kumpul, secara kumpulnya mulai jam satu tapi kita udah stand by jam 12.45-an.
Tempat kumpulnya ada di depan Masjid Baiturrahman, sekitar jam 2 kita baru mulai jalan gara-gara banyak banget yg dateng dan lumayan ribet buat ngaturnya. Kita kan mau sedikit longmarch, jadi harus dikondisikan sebaik mungkin biar tertib dan nggak ganggu pengguna jalan lainnya. Well, menurut gue lancar-lancar aja meski emang agak padet jalanannya. Namanya juga aksi dengan 800 lebih orang yg ikut. Rame!

Kita mulai jalan jam 2-an menuju tempat orasi di depan ex-videotron, depan UNDIP Peleburan, deket kantor Gubernur kalo nggak salah.
Dan you know what? Jam segitu itu, matahari lagi terik-teriknya bersinar, angin sepoi aja nggak lewat, dan lagi puasa pula, luar biasa!
Menit-menit awal orasi, gue masih berusaha semangat, tapi itu nggak bertahan lama, setelah menimbang-nimbang akhirnya gue putusin untuk melipir aja, selain karena emang udah panas banget, Iip sebenernya lagi kurang enak badan, sedang Adzki tas-nya lumayan berat, maklum bu guru.

Sebenernya selain masalah panas, gue agak ribet kalo ada di keramaian, bawaannya pengen pingsan aja. Entah kenapa gue lemah banget, tolongin dong.
Enggak sih, biasa aja. Gue cuma pengen bilang, gegara agak lemes dan akhirnya meilipir jadi yaa cuma segelintir foto yg bisa gue hasilkan. Beda banget sama temen gue yg luar biasa, Lila, dia muter-muter jeprat-jepret, sampe merah membara itu mukanya, serius!

Nah kita yg udah melipir ke trotoar, meskipun tetep panas tapi lebih mending pake banget lah, nggak cuma diem aja, takbir ikut takbir, teriak Israel go to hell juga ikutan kita teriakin, dan satu lagi, kita gelar lapak!
Sebenernya ini harusnya ada cerita tentang gue yg ikut bazar di MCT Expo, tapi belum sempet ketulis, jadi intinya gue sempet ikut bazar dengan bawa label Sapta Warna Collection, ceritanya masih ada barang yg belum terjual, dan alhamdulillah-nya bisa dibagiin pas kegiatan aksi ini, karena barang-barangnya itu ada bendera Palestina-nya, semacem kebetulan lah.

Ya udah deh kita nungguin lapak, awalnya dikira kita jualan, jadi ya pada lewat aja, nah si Adzki yg punya ide bikin tulisan, "GRATIS. Kalo sudah nyumbang ya.." dan tulisannya ditempel di payung gue. Eh iya itu payung hadiah milad dari temen-temen gue waktu di kampus, masih inget so sweet-nya kalian (Kak Riz, Icha, Juli) :')



wis cuss, setelah ditempelnya tulisan itu, mulai deh pada dateng. Oh iya, kita nggak nyedian box sumbangan, jadi siapapun yg udah nyumbang dimanapun, boleh ambil, asik kan?
Kita mah udah sangat alhamdulillah, in-syaalloh ini salah satu usaha kita peduli sama sodara-sodara di Palestina..

Sembari kita lesehan di trotoar, mereka yg masih sangat bersemangat terus melanjutkan aksi, mulai dari ada yg orasi, baca puisi, teriak yel-yel dan nyanyi, ada juga teatrikal, doa bersama, dan juga sholat ghaib. Lebih lengkapnya baca di sini aja, tulisannya KAMMI Semarang, sudah sangat terangkum.

Jam 3.15 kita mulai bubar karena udah masuk waktu asar juga. Pelaksanaan aksi dari awal sampe akhir tertib, nggak ada sampah, nggak ada bekas bakar-bakar, everything is under control!
Alhamdulillah..

Bersyukur dapet kesempatan ikut serta menunjukkan kepedulian gue, meski gue nggak bisa angkat senjata, meski gue nggak bisa memberi lembaran-lembaran rupiah, setidaknya gue nggak diem aja apalagi malah nyinyir dengan alasan ini itu. Gue manusia, dan gua punya hati.
Apa yg terjadi di Palestina, dan di wilayah Timur Tengah lainnya, merupakan pelanggaran kemanusiaan berat! Dan kita, yg mengaku sebagai manusia sudah seharusnya peduli!

Gue akhiri tulisan ini dengan men-copy status fb gue yg gue post beberapa menit setelah gue sampe rumah pasca aksi kemarin.

Lahaulawalaquwwataillabillah..
Luar biasa untuk kita semua, yg tetap berdiri tegak meneriakan takbir meski di bawah terik matahari, yg mengikhlaskan uang harta bendanya meski ego diri kadang tak peduli, yg menyisipkan doa-doa terbaik meski banyak pinta yg membisik..
Barokallohufikum! Selamat untuk kita semua!
Jangan berhenti, terus lah peduli!
‪#‎FreePalestine‬
‪#‎SavePalestine‬
‪#‎SaveGaza‬
‪#‎PrayForPalestine‬

Allohuakbar!

Beberapa foto sebelum mulai longmarch, saat orasi dan setelahnya..







One Day One Juz Semarang Peduli Palestina

PPPA Daarul Quran Semarang For Gaza

PPPA Daarul Quran Semarang For Gaza

Teriakan takbir! Allohuakbar!

We hear you, Gaza!

Mari sedikit demi sedikit meninggalkan produk mereka

Artikel tentang boikot produk israel salah satunya bisa dibaca di sini.


Orang-orang yg beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Alloh, dengan harta dan jiwa mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Alloh. Mereka itulah orang-orang yg memperoleh kemenangan. Tuhan menggembirakan mereka dengan memberikan rahmat, keridhoan, dan surga, mereka memperoleh kesenangan yg kekal di dalamnya, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Sungguh di sisi Alloh terdapar pahala yg besar. (QS at Taubah 20-22)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar