Senin, 07 Juli 2014

MCT Expo UNDIP : Iza Lomba Tahfizh

Beberapa pekan terakhir ini gue lagi hectic banget, makanya baru sempet nulis sekarang. Kemarin tanggal 5 sampai 6 gue bareng rombongan (read : adik-adik gue) jam 7 pagi udah siap cabut ke Semarang, tepatnya Tembalang, ya UNDIP. Mau ngapain?
Gini, kalo nggak salah 3 pekan yg lalu, adik gue yg kuliah di UNDIP share tentang acara Muslimah Centre (MCT) Expo di kampusnya. Ada banyak kegiatan, kayak Lomba-lomba, bazar buku, bazar muslimah, seminar dan lainnya. Gue tertarik buat ngikutin Iza ke lomba Tahfizh tingkat TK, secara yg dilombain surat Al Fathifah, An Naas, sama An Nashr, in-syaAlloh bisa lah.
Selain lomba tahfizh, gue sempet ngelirik bazar, kayaknya kalo ikut asik juga deh, iseng tapi nambah pengalaman. Well, cerita gue tentang bazar in-syaAlloh coming soon, doain yaa.

Balik lagi ke lomba tahfizh. Akhirnya mantep juga daftarin Iza buat ikut. Sisanya, tinggal persiapan deh, eits tapi nggak semudah itu, emang sih dia udah apal, tapi masalahnya gimana ngebujuk dia supaya berani. Gimana ya, Iza itu susah banget ditinggal sendiri kalo masih asing sama tempat dan orang-orangnya, jadi kadang repot sendiri.
Gue sih paling ngerayu dengan kata-kata "Kalo malu nanti brosnya bayar lho", fine itu rayuan paling absurd. Gini loh, Iza kan suka banget ngambilin bros-bros yg gue bikin, kadang gue isengin aja suruh bayar. Nah pas gue rayu nanti dapet bros gratis, eh dia mulai setuju nggak akan malu. Selain itu, paling ngasih masukan positif kayak "Nanti Iza dapet piala lho, kan Iza pinter ngajinya", kayak gitu lah.
Kalo dari segi hafalan, paling ngebenerin dikit-dikit makhroj-nya, walaupun agak susah karena udah biasa dengan cara baca sebelumnya.
Udah sih paling gitu aja, langsung ke tkp aja deh.

Hari H 5 Juli, gue dan rombongan berangkat dari rumah jam 7, secara jarak rumah kite agak jauh, kalo nggak macet sih bisa 30-40 menit aja, tapi kalo macet bisa sejam-an gitu.
Kita sampai di tempat acara, Masjid Kampus (maskam) UNDIP sekitar jam 7.40.
Registrasi dibuka jam 8, dan ternyata banyak juga yg mau ikut. Fuh.
Gue yg wakilin daftarin Iza, dan dapet giliran nomor urut 12.




Jam 8.30 mulai masuk ke masjid buat ndengerin pembukaan sama pengarahan.
Jam 9 baru mulai lomba-nya.




Oh ya, dimana gue sewaktu Iza nunggu giliran? Tenang nggak jauh-jauh kok, cuma berjarak lima meteran dari dia. Masih inget kan gimana tuh anak susah bangets ditinggalnya. Jarak lima meter itupun dia masih lirik-lirik, takut ditinggal. ckck.




Jam 9.30, saat gilirannya Iza. Dan alhamdulillah, dia maju gitu aja pas namanya dipanggil, trus setoran hafalannya juga lancar-lancar aja. Alhamdulillah..




Pengumuman lomba baru akan disampaiin besok harinya, 6 Juli berarti, bareng sama seminar, nah cerita tentang seminar ini juga in-syaAlloh akan segera dikejar. haha pe-er gue banyak banget dah.

Tanggal 6 Juli pagi, Iza ngerengek pengen banget dapet piala, soalnya kemarin pas lomba dia lihat piala banyak banget. Duh, beban sendiri nih buat gue, secara gue yg janjiin, sampe-sampe gue mikir bakal beli piala 25ribu-an nih kalo sampe nggak dapet, fuh.
Gue jawab aja "Iza berdoa aja ya, nanti kalo nggak dapet, gratis lagi deh brosnya". haha balik ke bros lagi.
Ya udah bismillah deh, berangkat aja. Oh ya Iza nggak ikut, solanya jauh kan, capek nanti dia.

Sampai di maskam pagi banget jam 7.35, secara hari Ahad, sepiiiii.
Nunggu lah dulu sambil tilawah, sambil foto-foto, teteeep, hehe.
Jam 8-an, registrasi buat seminar, solanya emang pengen banget ikut seminar, materinya Berbahagia dengan Al Quran, trus pematerinya itu lho masyaAlloh, Ustadzah Siti Khodijah, guru Qiroati di SD Islam Terpadu Harapan Bunda, salah satu sekolah tertua di Semarang, dan satu lagi Birrul Qadriyah, udah tau dongs siapa. Mahasiswa yg jadi paling inspiratif tingkat nasional tapi yg paling keren beliau adalah pengahafal Quran, masyaaAlloh! Di tengah seabrek prestasi, Al Quran tetep yg utama. Salah satu quote yg gue catet dari beliau adalah, "Akan sangat berbeda orang yg berprestasi tapi jauh dari Al Quran, dengan orang yg juga berprestasi tapi sangat karib dengan Al Quran".
Dan seperti biasa, cerita lebih lanjut ditunggu ajaa. in-syaAlloh, in-syaAlloh..

Back, back, back! Kembali ke Iza, eh pengumuman deh.
Jadi, pengumuman lomba-lomba kemarin ternyata disampiin justru sebelum seminar dimulai tapi sertifikatnya yg belakangan, haha biar nggak pada kabur tuh.
Nah, lomba pertama yg diumumin itu ya lomba yg Iza ikutin, Tahfizh tingkat TK. Asli gue dag dig dug banget, secara yg ikut lomba ada 24 anak dan cuma 3 juara aja yg diambil, duh.
Pas mc-nya mulai ngumumin, pemenang dari peringkat ketiga, adalah ZAIZAFUN MARDHIYYAH.
Gue bengong. Nama siapa tadi? Serius?
Sampe mc-nya manggil lagi gara-gara nggak ada yg maju, secara gue masih shock guys.
Sepersekian detik gue sadar dan berdiri.
"Mbak, diwakilin Iza-nya"
Maju deh gue, sambil masih meringis. Alhamdulillah banget lah.
It will be her first trophy, and her first milestone to get many more! aamiin

Pas penyerahan piala, gue lumayan tengsin si secara gue gede sendiri, di antara anak-anak TK, hehe. Dan pas ketua MCT nyerahin piala, ditanya deh gue, "Lhoh, anaknya udah gede aja, cepet banget"
ya gue jawab aja pake nada datar, "Wakilin, bu", tapi abis itu tetep senyum-senyum kok kita.
Ah seneng lah.

Cerita nggak berhenti sampai di situ aja, gue sengaja nggak ngasih tau orang rumah kalo Iza dapet piala. Surprise gitu deh.
Pas gue pulang ke rumah, gue pura-pura gitu deh, "Iza nggak papa ya, lain kali ikut lomba lagi"
dan tau ekspresinya dia gimana, sedih gitu tapi dia itu hebat, dia nggak mau nunjukkin dan nyoba ngalihin perhatian, padahal noh tampangnya udah merengut ditekuk-tekuk.
Gue kasih aja sertifikatnya, tapi pada belum ngeh, dikirain cuma sertifikat peserta biasa.
Sebel kan gue, trus gue suruh baca deh judul di map depannya.
Lomba Tahfizh TK, JUARA III, Zaizafun


Mendadak pada heboh gitu. Gue keluarin deh pialanya, dan tebak sendiri ekspresi Iza kayak gimana. nggak bisa ditulis deh pokoknya..
yg pasti sampe sekarang dibawa kemana-mana tu piala, mau tidur aja dibawa, bangun tidur aja dicariin. seneng banget.



========================================================
Bagaimana pun hal terpenting untuk seorang anak adalah masukan positif, semangat, berikan dia kepercayaan diri, bangkitkan.
Kalau sudah begitu, biarkan dia berjalan, namun tetap berikan bimbingan.

Oke deh!
Calon ibu dan calon ayah, semangat mencetak generasi yg hafizh dan hafizhoh!
Mari bersemangat dalam ibadah di bulan berkah..
Kita berlomba menumpuk pahala, menggapai ridho-Nya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar