Senin, 05 Januari 2015

Tentang dimana rasa syukur berada : Hari Ketiga, Keempat

Hari kelima bulan Januari 2015, ada yg berbeda?
Ada dong! Semangatnya :)
Gue pagi ini pake kerudung bolak balik dengan warna putih di luar dan warna biru muda di dalam, lucu!
Kenapa gue bilang lucu? Karena semua yg menurut gue baru dan make me feel different itu berarti ada sesuatu yg nggak biasa. Gue nggak akan bilang klo gue lebih kece dari biasanya, a whole universe juga udah tau, tapi gue mau bilang kalo apa yg kita pakai kurang lebih mencerminkan apa yg ada dalam hati kita. Semua orang mungkin tau, tapi nggak semua orang peduli.

Ketika pun kita bilang harus senyaman mungkin, itu hanya salah satu indikator selain harus rapi, tidak tembus pandang, tidak ketat, ah jadi bahas syarat berjilbab yg syar'i deh gue. Nggak papa ye, udah biasa kan random kemana mana hidup gue.
Uhm, kerudung yg gue pake ini beli di seorang saudari, yg kemarin sempet gue singgung, yg orangnya cantik, uhuk, dia nyoba jualan gitu, walaupun dia bilang gara-gara pada kasian makanya mau pada beli, tapi si kata gue dia emang bakat. Gue nggak akan mencap suatu suku ya, misal mentang-mentang orang Padang, jago bener promosinya, atau pantes si cantik kan orang Sunda, and another more.
Karena menurut gue, itu nggak sesignifikan itu, aduh ngerti nggak sih. That does not influence too much, nggak begitu ngaruh. Malah justru suku suku yg kena cap agak negatif bisa demotivasi tuh, misal ih suku XXX itu lelet ya orang orangnya, nah karena udah terlanjur dicap begitu, lama lama mereka akan meng-iya-kan dan bikin nggak termotivasi buat mendobrak labelling itu. Ya, kemungkinan itu selalu ada kan?
Pada intinya, akan balik ke kemauan yg kuat, niat dan aksi. Percaya deh.
Nah balik lagi ke kerudung, kalo ada yg nyari kerudung cantik cantik tanya gue deh, kan yg dipakai mewakili yg makai, beat! hahaha..
Enggak ding, tanya aja kontak temen gue yg cantik itu, ntar gue hubungkan, gratis deh.

Sebenernya itu di atas baru intro buat tulisan gue, gue mau ngelanjutin cerita liburan empat hari gue kemarin akhir Desember. Tapi berhubung gue takut keluar dari esensi, gue akan bagi link aja sama beberapa foto, semoga sudah sangat mewakili.

Hari ketiga, 27 Desember 2014
Sabtu pagi, setelah hari hari kemarin capek di luar, gue memutuskan untuk istirahat, menyiapkan diri buat dateng ke acara nanti sore. Tapi alih alih istirahat, gue justru mikirin tumpukan pakaian yg belum disetrika, ah hidup gue nggak jauh jauh dari cucian deh kayaknya. Jadilah istirahat gue tertunda, dan gue lebih memilih nyelesaiin setrikaan, biar tenang aja perginya nanti.
Acara sore itu sebenernya udah kita rencanain beberapa pekan yg lalu, temen gue ngeliatin pp whatsapp seorang temen, pp-nya itu poster acara Grand Launching Komunitas Tahajjud Berantai (KUTUB) di Masjid Istiqlal. Waktunya sore jam 4 sampai besok Ahad pagi jam 6, jadi inti acara ada di malemnya trus tahajjud berjamaah.

Jadi selain One Day One Juz (ODOJ), One Day One Line (ODOL), One Day One Ayat (ODOA), One Day One Thousand, ada juga Komunitas Ma'tsurat (KOMA), nah kali ini ada KUTUB. Kesemuanya itu nggak lain nggak bukan ingin membumikan agama langit ini, dienul Islam. Membuat dien ini lebih masuk ke hati setiap penganutnya, menumbuhkan benih-benih persaudaraan yg sudah sangat luntur, dan mendamaikan gejolak bangsa ini. How can? Bagaimana bisa?
Pertanyaannya, mengapa tidak bisa?

Langsung ke foto-foto aja ya..

Pembukaan oleh MC


Pembacaan ayat suci Al Quran oleh ustazd kembar


Sambutan dari Ustadz Amir Faishol Fath


Merchandise pin


Selain itu gue juga sempet ngerekam deklarasi KUTUB yg dibacain oleh Ustadz Amir Faishol Fath, bisa dicek di akun youtube gue, ini link-nya.
Deklarasi Komunitas Tahajjud Berantai

Oh ya yg mau gabung sama komunitas ahli qiyamul lalil, dan kayaknya ini harus banget, apalagi buat gue yg kebo abis, udah buruan gabung, ini link sosial medianya:
Blog : KUTUB
Twitter : @tahajudberantai
Fanpage : Komunitas Tahajjud Berantai-KUTUB

Well itu aja si yg bisa gue share, kita lanjut ke hari keempat aja yaa..

Sabtu malem gue habiskan untuk ikut rangkaian kegiatan KUTUB, yg dilaksanakan sampai Ahad pagi. Sebelum penutupan, ada beberapa tausiyah dan pemutaran video, bermanfaat banget lah. Sering-sering deh kita aktif nyari pengajian-pengajian gitu, nggak cuma jasad kita kan yg butuh diperhatikan, yg butuh diurus, ruhani kita juga perlu, perlu banget. That's why, kita sangat nggak bisa mengesampingkan hal itu, we have to create a balance life, harus seimbang hidup itu. Jadi nggak abis pikir aja kalo ada pihak-pihak yg bilang masalah keagamaan, keruhanian, harus dipisahkan dari keduniaan, karena justru ketika kita di dunia ini lah kita butuh banget bekal spiritual, bekal agama, nah kalo di akhirat mah udah tinggal diadili. Get the point?

Nah Ahad pagi setelah penutupan KUTUB, ternyata ada jadwal Kajian Bulanan Ustadz Yusuf Mansur! Dan gue beneran nggak tau menau. Jatuhnya itu kayak dapet jackpot.
Ini lah salah satu alasan gue sangat bersyukur tetap stay di Jakarta ketika kebanyakan temen gue pada pualng ke kampung halaman, gue bisa mengeskplor hal-hal baru, yg insyaAlloh banyak ilmu bertebaran di sana. Jadi nggak perlu lah bersungut-sungut gara-gara nggak bisa pulang, gue sih biasa aja, cuma wajar kan ya kalo agak iri, manusiawi. Tapi setelah itu, gue bisa sedikit menarik bibir ke samping, tersenyum dan kemudian bersyukur.

Dan jadilah yg tadinya udah mau siap siap pulang, eh merapat lagi. Nggak peduli deh bentuk gue udah kayak apa, yg penting ngejar ilmu sebanyak-banyaknya. Yosh!
Sebelum acara dimulai, jauh sebelum dimulai, soalnya banner-nya itu udah dipasang dari jam 6-an, tapi acaranya baru dimulai jam 9-an gitu, jadi ya gue ambil foto pas masih sepi aja, trus upload deh di facebook. Alhamdulillah ada yg baca dan ikut juga. Nah itu dia pentingnya sharing sesuatu yg penting, insyaAlloh kita yg ngeshare bakal kecipratan berkahnya juga. Beda lagi kalo kita share sesuatu yg nggak penting dan cenderung merusak, kita bakal ikut kena dosanya, kena dampaknya, kalo sampai orang yg baca sesuatu yg kita share itu ngelakuin apa yg kita share. Serem!

Setelah selesai share, purna tugas-lah tablet gue, setelah semalaman nggak dicas. Alhamdulillah udah sempet ngirim postingan. Tapi ya harus gigit jari gara-gara nggak bisa foto-foto lagi, heu. Doain gue dong phlis biar punya kamera atau apalah alat jepret yg keren. Oke itu penting.

Kajian Bulanan Ustadz YM 28 Desember 2014


Oh ya, materi pokok dari yg disampaiin Ustadz YM itu tentang kondisi bangsa kita saat ini, yg beliau analogikan dengan sebuah rumah yg berada di tepi sungai yg lebar, dalam, deras, dan panjang. Apa yg harus dilakukan oleh orang yg ada di dalam rumah untuk menghadapi kondisi seperti itu? Apakah dengan melarang anak-anaknya untuk keluar rumah sama sekali? Apakah memagari sepanjang aliran sungai agar anak-anak tidak terjun ke dalam sungai dan terbawa arus? Apa yg harus dilakukan sebenarnya?
Gue sangat nggak bisa menceritakan ulang tentang materi yg beliau sampaikan, karena feel yg gue dapet saat denger langsung akan sangat berbeda dengan apa yg gue rasakan ketika menceritakan kembali, harus denger langsung intinya. Karena beliau saat itu bener-bener dalam kondisi gregetan, gemes sama keadaan bangsanya, yg serba, ah serba degradasi, kemunduran. Beliau itu selama ini terkenal sangat sabar, sangat menjaga perasaan banyak pihak, cenderung berusaha netral, tapi ketika beliau sudah angkat bicara tentang pemerintahan sekarang, itu artinya kurang lebih memang sudah luar biasa, parahnya. Kita sih sama sama berdoa dan berusaha dengan sebaik-baik usaha kita untuk menjaga bangsa ini. Semoga Alloh meridhoi usaha kita, dan menjaga kita..

Jawaban dari pertanyaan tentang rumah yg ada di pinggir sungai itu bisa dibaca di ebook Ustadz YM, di www.yusufmansur.com, ini link downloadnya Kota Sungai Ustadz Yusuf Mansur

Gue sangat meminta maaf nggak bisa share secara penuh, ini juga sangat tidak mewakili, gue tau. So big sorry. Gue juga manusia biasa, yg punya rasa malas, ditambah lagi sering mood-moodan kalo mau nulis, jadi harusnya bisa share banyak malah nggak bisa gara-gara ingatan yg terlindas waktu.
Apa aja deh, berharapnya semoga bisa menemukan titik titik manfaat dari tulisan makhluk sangat biasa macam gue..

Terima kasih sekali untuk perhatian yg kalian berikan meski dalam diam :")
Terima kasih..

Stay kece dan bermanfaat ya guys!
You are awesome!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar