Selasa, 31 Maret 2015

Pengalaman pertama PJKA..

Selamat pagi!
Kwini, Atrium, Senen, Jakarta!
Salam silaturrahim!

Tiba-tiba pagi-pagi ngomongin silaturrahim, whats going on?
Jadi, hari ini tepatnya pagi ini jam 2:47, gue touchdowned Jakarta lagi setelah dua hari satu malam pulang kampung. Menyambung tali silaturrahim dengan keluarga setelah kurang lebih empat bulan mengelana, eh.


Ceritanya, ini pengalaman pertama gue jadi peserta PJKA, orang kantoran yg kerja sampe hari jumat pasti sebagian besar udah paham deh maksudnya. Tapi berhubung pembaca gue nggak terbatas kalangannya alias world wide viewer alias siapa aja bisa baca, secara gue artis, gue kasih tau panjangannya dari PJKA, yaitu Pulang Jumat Kembali Ahad. Yes, cuma ditengahi hari Sabtu. Dan sebutan PJKA ini akan sangat merasuk ke dalam hati, terasa feel-nya, kalau moda transportasi yg dipakai adalah kereta.
Kenapa harus begitu? Hal yg mendasari terjadinya PJKA?
Kesibukan, rutinitas, kerjaan yg dituntut stay fokus dari Senin sampe Jumat, dengan pola yg seperti itu terus menerus, mau nggak mau kepenatan itu bakal dateng juga. Hari Sabtu Ahad atau lets say Minggu, jadi hari istirahat sedunia bagi para pekerja. Untuk para penghuni kos, dua hari ini jadi hari mencuci sedunia, gue termasuk bagian ini. Nah, ada satu kubu lagi yg berbeda dalam menggunakan dua hari ini, ya itu dia kubu PJKA. Entah karena pengen refreshing, entah emang kangen keluarga, entah karena bingung ngabisin uang, gue banget, digunakanlah kesempatan dalam kesempitan hari itu untuk pulang kampung.
Dan akhirnya untuk pertama kali sejak resmi ngantor, gue mengalami fase itu juga.
Awalnya pikiran pertama gue bilang ini bakal capek banget, secara kita pulang kantor jam 5 minimal, harus nunggu kereta antara jam 6 sampe jam 9, tergantung dapetnya yg mana, trus setelah naik kereta harus duduk antara 6 jam sampe 12 jam, tiba di tempat tujuan besok paginya, sudah semalem terlewati. Seharian hari Sabtu harus jadi hari yg benar-benar berkualitas, karena Ahad siang atau sore sudah harus ke stasiun lagi. Dan kembali duduk selama 6 sampe 12 jam untuk kembali ke tempat kerja, yg artinya Senin pagi, dan langsung kerja.
Fuh. Baca doang aja udah capek kan, apalagi ngelakuin.
Apalagi yg ngetik nih, haha.

Then why did i decide to go home when the time is so limit?
Karena gue pengen belanja!
Hahaha~
Nggak usah ngarang ngarang pengen ketemu orang rumah, atau pengen refreshing dari kerjaan, karena pertama, gue tiap hari telpon telponan sama orang rumah, waktu juga kerasa cepet banget karena habis buat di kantor, kedua, di kantor pun gue bisa refreshing bahkan kayaknya di ruangan gue itu paling asik deh buat happy-happy, ini namanya ngegombalin orang-orang di ruangan gue, hahaha..
Jadi, nggak ada tuh kesempatan buat dua alasan itu, karena emang alasannya, gue pengen belanja.
Kenapa harus di rumah?
Karena di Jakarta ribet, dan nggak ada yg nganterin pula, duh gue keceplosan.
Gue mau persiapan buat diklat prajabatan, dan ada beberapa kebutuhan yg harus dicari, ya sudah, pulanglah gue.
Begitu lah..
Tapi bukan itu alasan gue nulis, itu bagian kesekian..
Inti yg mau gue sorotin adalah, fenomena orang-orang khususnya para bapak, para suami, yg kerja jauh dari rumah, dari keluarga, dan dipaksa keadaan untuk ketemu keluarganya dalam waktu yg singkat.
Fenomena para tulang punggung yg cukup melihat istri dan anak sudah menghapus kepenatan yg menumpuk-numpuk. Fenomena dimana manusia kembali menjadi makhluk yg penuh rasa cinta setelah hari-hari panjang menjadi robot pekerja, tanpa perasaan.
Dibela-belain masih pake pantofel alias sepatu kerja, masih pake seragam safari, masih bawa berkas-berkas kerjaan, berjam jam di kereta, dan kemudian tidur di lorong atau di bawah kursi penumpang.
Entah, itu manis sekali.
Gue nggak peduli dengan apapun, yg pasti apa yg gue liat saat itu, saat pertama kali gue jadi pjka-er, unspokeable.

Sudah ya, gue mulai mellow nih..
Kopi gue juga udah mau abis, dan rapat di depan mata gue semakin alot, fuh..

Satu final statement, cara berkontribusi untuk menciptakan kedamaian di dunia ini adalah cukup dengan menjadi manusia yg baik..
Boleh setuju, tapi dianjurkan tidak.
Gue pamit.


30 Maret 2015, bau kereta, capek, kucel, but still awesome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar