Rabu, 04 April 2012

Tugas Sistem Informasi Manajemen Keuangan "Sistem Jaringan Komputer"..

just for fun ^_^V..


 
Tugas SIM 02 April 2012
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsXtPxUL7ME4t05i_pgq3Vp-jl5l0nTsGuCP2mVP2A1zhs_erTmMwCS4OnmqmpFZf5eXd_apd-30UwoNRHpFkCpHvAesVQrqdArOvud9vehkBz8wXQQdssNFho0BE4uKD8EUxa1GSY2qjs/s320/blue-vs-wi.jpg1. Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi
2. Hubungan antara GPRS dengan GSM,  CDMA, 1G, 2G, 3G, 4 G




Jawab:

1. Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi 

Pengertian
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group (SIG). Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas
Wi-Fi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu serangkaian standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE (The Institute of Electrical and Electronics Engineers) 802.11. Wi-Fi ini adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi Wi-Fi berada pada spektrum 2,4 GHz. Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Notebook dan PDA yang telah dilengkapi kemampuan (support) untuk eknologi Wi-Fi (Wi-Fi card) dapat digunakan untuk koneksi ke internet. Tentu saja pengguna harus berada pada lokasi yang dijangkau sinyal Wi-Fi. 

Lalu apa saja perbedaannya?
Sebagian besar dari kita juga menyadari kenyataan, bahwa wi-fi dan bluetooth nirkabel keduanya standar dan menggunakan gelombang pada frekuensi radio untuk tujuan transmisi. Ini adalah alasan mengapa banyak dari kita yang bingung antara dua teknologi, dan berpikir bahwa mereka menyelesaikan tujuan yang sama. Namun ada banyak perbedaan antara wi-fi dan bluetooth. Apa Perbedaan Antara Wi-Fi dan Bluetooth Baik wi-fi (wireless fidelity) dan standar bluetooth didasarkan pada protokol terpisah. Hal ini menimbulkan perbedaan antara wi-fi dan bluetooth, yang menyebabkan bidang aplikasi mereka berubah drastis. Berikut perbedaanya.

Perbedaan
Bluetooth
Wi-Fi
Jangkauan
±10 – 100 meter
± 300 meter
Standar Spesifikasi
3,0 bluetooth
802.11 b
Sambungan & instalasi
Tidak perlu instalasi, cukup dengan portable bluetooth
Memerlukan beberapa konfigurasi, install router dan modem
Jenis jaringan
Personal Area Network
Local Area Network
Kecepatan Data transfer
24 Mbps
11 Mbps
Aplikasi
Untuk transfer data antar perangkat
Untuk akses bebrapa mesin dalam jaringan
Keamanan
Relatif lebih aman
Relatif kurang aman
Diperkenalkan
Relatif Baru (1998)
Lebih lama (1990)
Konsumsi Daya
Rendah
Medium
Spesifikasi Authority
Bluetooth SIG
IEEE, WECA


Keterangan :
Jangkauan
Wi-fi telah menjadi favorit untuk membuat LAN (Local Area Network) di rumah-rumah dan kantor. Hal ini sangat jelas membuat proses di rumah menjadi mudah, anda tidak perlu mengintegrasikan kabel LAN di sistem anda untuk membentuk jaringan, untuk berbagi koneksi internet. Di kantor, penggunaan LAN nirkabel menyebabkan pengurangan biaya instalasi LAN. Kisaran wi-fi adalah cukup tinggi, sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Bluetooth, di sisi lain memiliki jarak hanya sekitar 30 kaki atau sekitar 10 meter.

Standar
Seperti telah disebutkan, bluetooth dan wi-fi bekerja pada standar yang berbeda. Baru-baru ini instalasi wi-fi didasarkan pada standar 802.11b. Perangkat Bluetooth yang saat ini mengikuti standar 3,0 bluetooth.

Sambungan dan Instalasi
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan dengan demikian mereka tidak perlu dikonfigurasi. Anda bisa langsung memilih perangkat yang diaktifkan bluetoothnya, untuk transfer data. Jika Anda ingin mengaktifkan fasilitas bluetooth di komputer pribadi anda, maka semua yang harus Anda lakukan adalah dengan hanya membeli adaptor bluetooth. Bluetooth dongle yang datang bersama dengan setup CD dan Anda dapat menginstal setup, untuk mendapatkan bluetooth. Tetapi kalau wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi,  mengaktifkan jaringan perlu menginstal router dan modem.

Jenis Jaringan
Wi-fi digunakan untuk pembentukan LAN nirkabel (Local Area Network). Sejumlah besar komputer desktop dan laptop dapat dihubungkan dengan menggunakan wi-fi, di mana Anda tidak dapat membentuk suatu Local Area Network (LAN). Bluetooth memungkinkan Anda untuk membentuk PAN (Personal Area Network).
Data Transfer 
Perbedaan lain antara wi-fi dan bluetooth adalah bahwa, kecepatan transfer data untuk bluetooth ini jauh lebih tinggi dari wi-fi. Menggunakan Bluetooth, Anda dapat mentransfer data dengan kecepatan  24 Mbps, dimana, wi-fi adalah data yang rentan terhadap kerugian dan karenanya memiliki kecepatan lebih rendah. Jika anda terhubung ke Internet menggunakan wi-fi, kecepatan download Anda akan lebih kecil dari apa yang akan Anda dapatkan ketika Anda terhubung menggunakan internet broadband.

Aplikasi Wi-Fi dan Bluetooth
Karena semua perbedaan yang disebutkan di atas, terdapat perbedaan antara wi-fi dan bluetooth, perbedaan ada di bagian aplikasi mereka juga. Bluetooth digunakan untuk data dan file transfer, dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Anda dapat mengakses mengaktifkan bluetooth printer dari komputer Anda. Menggunakan wi-fi, Anda tidak hanya dapat membuat transfer data kecil, tetapi Anda dapat mengakses database dan software yang terletak di beberapa mesin lain dalam jaringan juga. Akses internet nirkabel juga dapat diberikan kepada semua komputer dalam LAN nirkabel. Dalam kasus Bluetooth, hal ini tidak mungkin. Namun, Anda dapat menghubungkan komputer melalui bluetooth ke internet, jika Anda dapat mengakses internet dengan GPRS dengan mengaktifkan bluetooth telepon seluler.

Kesimpulan
Wi-fi adalah teknologi yang telah dipakai lebih lama, dibandingkan dengan bluetooth. Hampir semua komputer yang diproduksi saat ini memiliki kartu LAN nirkabel terpasang di dalamnya. Bluetooth adalah teknologi yang relatif baru. Tapi ponsel dan laptop produsen telah mulai mengintegrasikan fasilitas ini dalam perangkat yang mereka produksi. Perbedaan utama antara wi-fi dan bluetooth adalah jangkauan, karena bluetooth tidak digunakan seluas wi-fi,. Meskipun demikian, standar bluetooth dikenal sangat baik, karena kecepatan transfer data yang tinggi dan keamanan data. Selain itu pemakaian daya relatif lebih rendah dan ekonomis.


2. Hubungan antara GPRS dengan GSM, CDMA, 1G, 2G, 3G, 4 G
Saat ini adalah eranya internet. Semakin banyak paket-paket internet yang ditawarkan oleh provider telekomunikasi di Indonesia. Saking banyaknya terkadang membuat bingung apa si GPRS, 3G dan sebagainya. Selain itu masih banyak istilah-istilah yang masih asing bagi sebagian orang. Oleh karena itu berikut akan dijelaskan istilah-istilah jaringan internet atau istilah telekomunikasi telepon yang sering digunakan serta hubungan dari masing-masing.

GPRS (General Packet Radio Service)
GPRS sering juga disebut teknologi 2.5G. GPRS sendiri memiliki beberapa class, mulai dari class 2 hingga class 32. Semakin besar class maka semakin cepat koneksinya. Kecepatannya bervariasi antara 56-114 kbit/second untuk kecepatan download. Kecepatan upload-nya pada umumnya lebih rendah.

GSM (Global System for Mobile Communications atau dikenal juga sebagai Groupe Spécial Morbile)?
GSM adalah teknologi jaringan nirkabel yang dikembangkan di Eropa dan kini digunakan hampir diseluruh belahan dunia. GSM termasuk dalam teknologi telepon generasi kedua (2G) yang menggunakan teknologi digital untuk menggantikan sistem analog yang digunakan pada generasi pertama (1G). Teknologi ini mengirimkan sinyal (data) yang dibagi berdasarkan waktu atau sering disebut juga timeslot. Secara sederhana, apabila pengguna sedang melakukan panggilan telepon, maka pengguna tersebut sedang menggunakan “timeslot”. Saat ini jaringan GSM bekerja pada frekuensi  850MHz, 900MHz, 1800MHz dan 1900MHz. Handphone yang dapat berjalan di keempat frekuensi dinamakan quad band phone, kalau hanya tiga diantaranya dinamakan tri band dan jika hanya dua dinamakan dual band.

Code Division Multiple Access (CDMA)
Teknologi CDMA adalah teknologi jaringan selular nirkabel yang membagi atau memisahkan setiap panggilan telepon menggunakan kode-kode khusus dan tidak berdasarkan waktu seperti pada teknologi GSM. Karena menggunakan kode-kode khusus, kemungkinan terjadinya komunikasi bocor atau salah sambung semakin kecil dan mungkin tidak ada. Sistem pengkodean ini pada awalnya digunakan di dunia militer namun saat ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat banyak.
Karena tidak menggunakan satuan waktu, jaringan CDMA memiliki kelebihan tetap dapat melakukan panggilan secara bersamaan walaupun jaringan atau sistem sedang penuh. Namun CDMA bukan tidak memiliki kekurangan, karena semakin penuh jaringan, maka kualitas komunikasinya pun dapat menurun, misalnya suara tidak terdengar dengan jelas, terputus-putus, dll.

Teknologi “G”
1G = “G” adalah singkatan Generation atau generasi. 1G atau First Generation adalah generasi pertama jaringan telepon selular. Sistem ini masih menggunakan sistem analog.
2G atau Second Generation adalah teknologi selular generasi kedua. Teknologi ini menggunakan sistem digital dan menggantikan teknologi analog yang digunakan pada 1G. Teknologi ini memungkinkan pengguna bukan hanya dapat melakukan pembicaraan telepon namun juga mengirimkan teks atau SMS.  Yang termasuk dalam kategori teknologi 2G adalah teknologi GSM dan CDMA2000 1xRTT.Selain teknologi 2G, terdapat juga teknologi 2.5 G atau dikenal dengan GPRS dan teknologi 2.75G atau EDGE. Dengan munculnya teknologi GPRS dan EDGE memungkinkan pengguna bukan hanya melakukan komunikasi melalui suara dan teks saja, namun juga melalui layanan data, seperti internet atau MMS (Multimedia Messaging Service).
3G atau Third Generation Technology adalah teknologi digital generasi ketiga yang memiliki kemampuan transfer data lebih cepat dari 2G. Teknologi 3G terkadang dikenal dengan nama UMTS atau W-CDMA yang digunakan pada handphone atau perangkat komunikasi yang berjalan di jalur GSM. Bagi handphone atau perangkat komunikasi  yang menggunakan jaringan CDMA, teknologi 3G yang digunakan bernama CDMA2000 1xEV-DO. Sebuah teknologi seluler dapat dikatakan 3G apabila memiliki kecepatan downlink minimal 384 kbit/s
4G atau Fourth Generation adalah teknologi penerus 3G yang memiliki kecepatan transfer data lebih cepat dan lebih baik. Yang termasuk dalam generasi 4G adalah LTE dan WiMAX. Salah satu penyedia jasa layanan 4G di Indonesia adalah Sitra Wimax, namun saat ini areanya masih sangat terbatas dan layanan ini belum dapat mobile atau dibawa berpegian, jadi  untuk sementara teknologi 4G di Indonesia belum dapat digunakan pada handphone.

Hubungan antara GPRS, GSM, CDMA dan 1G, 2G, 3G, 4G
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan kita mengakses internet dengan menggunakan berbagai pilihan teknologi yang ada. Masing-masing teknologi mengakses internet dengan berbegai cara. Karenanya, perangkat-perangkat keras tambahan yang dibutuhkan juga berbeda-beda. Salah satu cara untuk mengakses internet adalah Melalui Sinyal Operator selular.
Misalnya saja dengan jaringan GPRS atau General Packet Radio Service merupakan teknologi pengirim data dalam bentuk paket-paket menggunakan gelombang radio. GPRS merupakan perkembangan dari teknologi GSM. GPRS memungkinkan pengiriman data sampai pada kecepatan 115 kbps. Jika kita menggunakan GPRS, kita membutuhkan sebuah handphone (yang menggunakan teknologi generasi 2,5 G, 3G ataupun 4G) atau USB Modem GSM maupun CDMA dan sebuah SIM Card dari operator selular tertentu yang menyediakan layanan GPRS.

Selanjutnya kita membutuhkan sebuah perangkat lunak untuk menghubungkan handphone atau modem tersebut dengan komputer. Hubungan tersebut dapat menggunakan kabel data, sinar infrared, atau bluetooth, tergantung mana yang dapat didukung oleh handphone/modem dan komputer yang digunakan. Jika handphone/modem dan komputer kita telah terhubung, selanjutnya kita harus menginstal driver handphone atau bawaan modem agar dapat dikenali oleh komputer dan kemudian mengatur setting untuk koneksi ke internet menggunakan GPRS.


Penutup
Demikian tugas Sistem Informasi Manajemen Keuangan, karena teknologi itu terus mengalami perkembangan maka mohon maklum bila ada kesalahan ataupun perbedaan data. Terimakasih.

Sumber-sumber :
http://batara11107135.wordpress.com/2010/02/14/bluetooth-3-0-versus-wifi-802-11/ 
http://danzblog2008.wordpress.com/2009/02/10/gprs-dan-gsm-cdma-3g-dan-4g-hsdpa-edge-dial-up-dan-pstn/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar