Senin, 30 April 2012

PaypaL daLam e-commerce..Tugas Sistem Informasi Manajemen Keuangan..


DALAM E-COMMERCE, DIKENAL ISTILAH PAYPAL.
APA YANG DIMAKSUD DENGAN PAYPAL ?
BAGAIMANA MEKANISMENYA ?
APA MANFAATNYA ?

Seperti yang telah diketahui bahwa e-commerce atau biasa disebut perniagaan elektronik atau bahasa gaulnya belanja online dapat didefinisikan sebagai segala bentuk transaksi perdagangan/perniagaan barang atau jasa dengan menggunakan media elektronik. Nah dalam dagang-berdagang ini pasti perlu sarana untuk transaksi pembayarannya kan? Untuk itu maka muncul deh yg namanya paypal

Jadi paypal itu ya alat pembayaran online, kalau kita  bertransaksi secara online via Internet maka kita  harusnya tahu yang namanya Paypal. Lagipula membuat akun Paypal itu free! maklum jiwa anak kos :p

Lalu kalau udah punya akun paypal trus gimana? Ya kita harus tau mekanisme ataupun cara kerja dari tu paypal, jadi kalau udah tau cara kerjanya kita bisa mengandalkan Paypal sebagai penunjang bisnis online yg sedang kita handle. Selanjutnya ada proses verifikasi, merupakan hal penting yang wajib dilakukan dan sangat dianjurkan untuk menggunakan cara yang legal dan aman untuk melakukannya yaitu melalui kartu kredit ataupun bank lokal Indonesia.

Selanjutnya sebelum ke mekanisme terkait dengan paypal, perlu diketahui ada beberapa macam akun paypal yaitu:
1. Personal Account, akun ini sangat cocok untuk orang-orang yg suka belanja online.
2. Premier Account, kalau yg ini selain untuk belanja juga cocok untuk yg punya jiwa berdagang.
3. Business Account, akun ini ruang lingkupnya lebih luas. Terkait dengan perwakilan suatu perusahaan ataupun kelompok usaha yg tentunnya dalam kegiatan perdagangan.
4. Student Account, pelajar juga bisa memiliki akun paypal setelah terlebih dahulu ada izin dari ortunya.



Mekanisme dalam Paypal
Setelah tau jenis akunnya, sebelum mendaftar dan memiliki account Paypal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai persyaratan umum pendaftaran Paypal. Pemegang account Paypal harus berusia minimal 18 tahun atau lebih dan telah mempunyai :
1. Alamat email, sebagai username account Paypal kita nantinya
2. Kartu kredit, pengguna Paypal dari Indonesia saat ini baru dapat menggunakan kartu kredit untuk mengaktifkan/verified accountnya pertama kali, dan hanya kartu kredit dari bank tertentu yang diterima.
3. Untuk bisa withdraw dari paypal, anda harus mempunyai salah satu dari kartu kredit Visa, kartu debit Visa, atau prepaid card Visa.
Setelah persyaratan tersebut diatas terpenuhi, maka kita sudah bisa untuk memulai pendaftaraan Paypal.

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dianjurkan untuk memiliki status account paypal yang verified agar dapat menikmati layanan Paypal sepenuhnya seperti melakukan pembelian atau penjualan secara online.
Untuk memiliki status account paypal yang verified, kita harus memiliki kartu kredit.  Data-data dalam kartu kredit inilah yang diminta untuk data Paypal. Jadi kalau kita punya kartu kredit tidak akan sulit meng-verified Paypal. Paypal juga sekarang sudah bisa di verified dengan kartu ATM, namun untuk Indonesia, kabarnya yang baru sukses verified pakai ATM, hanyalah ATM bank Niaga. Sedangkan ATM dari bank lain sepertinya belum berfungsi meng-verified Paypal.

Lalu kita nanti akan diminta 4 digit expuse number yang akan dikirim ke akun Credit Card Karena CC ini dikeluarkan oleh Bank yang mengeluarkan CC maka expuse number ini akan dikirim Paypal ke account. Nah nanti 4 digit ini akan dikirimkan lagi ke e-mail kita. Setelah dapat 4 digit tersebut, kembali ke paypal, dan buka tulisan “to do list” kemudian masukkan 4 digit yang didapat pada kotak yang tersedia. Dan selamat paypal Anda sukses verified. Jadi sudah bisa melakukan withdraw.

Ini ada cara-cara untuk withdraw atau menarik uang. Kalau menarik uang paypal ke bank, gini caranya..ini setelah login ke paypal yaa.

  • Klik menu My AccountWithdraw
  • Pilih menu Withdraw funds to your bank account
  • Masukkan informasi yang diminta lalu klik tombol Continue
  • Klik tombol Submit
Proses ini akan memakan waktu 5 – 7 hari kerja. Sejumlah biaya akan dikenakan saat penarikan yaitu Rp. 16.000,- untuk penarikan dibawah Rp. 1.499.000 dan gratis apabila penarikan dana di atas Rp1.499.000. Hati-hati saat Anda salah memberikan informasi bank, karena akan dikenakan Rp. 50.000,- untuk mengembalikannya ke rekening Paypal Anda.
Catatan: Khusus jenis akun Personal hanya bisa menarik dana maksimal sebesar 500 US Dollar perbulan. Nah kalau yg narik uang paypal ke kartu kredit, caranya :
  • Pilih menu My AccountWithdraw
  • Klik menu Withdraw funds to your bank card
  • Masukkan jumlah yang Anda inginkan dan pilih sebuah kartu kredit yang dimiliki untuk menerima dananya


Manfaat Paypal 
Sudah jelas sebenarnya manfaat dari paypal ini dilihat dari tulisan di awal, pengguna internet dipermudah dalam melakukan transaksi seperti membeli barang di ebay, lisensi software original, keanggotaan situs, urusan bisnis, mengirim dan menerima donasi/sumbangan, mengirimkan uang ke pengguna paypal yang lain di seluruh dunia, dan masih banyak lagi.
Paypal mengatasi kekurangan dalam pengiriman uang tradisional seperti Cek atau Money order yang prosesnya dapat memakan waktu lebih lama jika tidak menggunakan Paypal, seperti rekening bank.

Dapat diambil kesimpulan bahwa menggunakan Paypal lebih aman, lebih praktis, yg pasti sangat efektif dan efisien sebagai alat pembayaran online. Selain itu terjamin kemanan bagi pengirim dan penerima uang karena ada bukti pembayaran dan dapat melakukan komplain yang benar jika terjadi sesuatu ataupun terhindar dari komplain yang salah.



Sumber :
http://blogridwan.sanjaya.org/2008/01/paypalcom-gerbang-pembayaran-online.html
http://rumahdaur.multiply.com/journal/item/98?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
http://www.yudhitech.com/6-pertanyaan-tentang-paypal-yang-wajib-tahu-jawabannya/#ixzz1tXP3mc6i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar