Jumat, 15 Mei 2015

Gue belajar nggambar, mencari bakat yang (tidak) hilang..

14 Mei 2015 20.43
Hujan di menjelang malam hari Jumat, ditemani secangkir cokelat, dan pikiran yang sedang semangat.
Apa lah ini, mentang-mentang seharian hibernasi malemnya tiba-tiba jadi gini.

Mari kita kupas another side of me, sisi lain dari gue, kali ini tentang bakat.
Yeah, ini sebenarnya bagian yang lumayan sulit untuk digali dari kehidupan gue. Bisa dibilang, gue terlahir tanpa punya jiwa seni, nggak ada bakat sama sekali. Satupun alat musik nggak ngerti, nari nggak banget, nyanyi asal teriak aja, gambar apalagi, phlis mending suruh gue ngitung kecepatan bola yang dilempar ke udara kemudian terjun bebas yang mana itu berarti kecepatanya berubah dan dipengaruhi gravitasi berdasarkan kedudukan bola itu di titik puncaknya serta jaraknya dengan bumi, matik nggak tuh makanan apa, haha~

Intinya gue makhluk termenyedihkan di muka bumi ini, nggak ngerti seni sama sekali, dan itu lah mungkin jawabannya kenapa gue sangat tidak kreatif.
Begitulah awalnya apa yang gue rasa tentang diri gue. Sampe suatu ketika, gue yang hobi banget stalking siapa aja, nyasar di suatu fanpage gambar/art/original character yang memang lumayan likers-nya, selain lumayan juga postingan gambarnya.
Dari fanpage itulah gue mulai buka-buka gambar-gambarnya yang kebanyakan nyeritain kehidupan konyol author-nya. Gambarnya simpel, tapi lucu, tapi ngena banget maksud yang mau disampaikan. Dari sini lah gue yang memang lagi nyantai, mulai coret-coret, nyoba niru salah satu gambar di fanpage itu. Awalnya nggak ada niat untuk serius gambar, asal-asalan banget, juga pengen ngebuktiin kalau gue emang nggak bakat.
Apalagi ini, ngebuktiin kok yang nggak bener, ckck.

Selesai ngegambar, beneran sederhana banget, trus iseng gue foto, iseng juga gue upload ke fanpage itu. Entah gue maunya apa, nggak jelas, banget. Nggak nyadar gitu hasil gambarnya gimana, main dipublish ke medsos, nggak punya malu emang.

Setelah gue kirim dengan pedenya, gue sama sekali nggak kepikiran bakal ada yang ngeliat itu gambar, kayak begitu itu paling langsung tenggelam ditelan samudera deh. Tapi ternyata gue salah besar. Itu postingan foto hasil gambar yang gue bikin muncul di homepage, dilike bokap gue dan beberapa temen, malu abis, taruh dimana ini mukak??
Bukan itu aja. Ternyata sama admin fanpage itu, post gambar gue dishare, so everyone who did like that page will be able to see my drawing, jder!
Asli itu campur-campur rasanya, ada seneng, bangga, malu, puyeng, dan lain-lainnya yang nggak ngerti lagi itu apa.
Secara itu bisa dibilang gambar perdana yang gue bikin dengan kesadaran penuh dan mengerahkan kemampuan sendiri, setelah mati-matian melawan diri sendiri yang keukeuh ngerasa nggak bisa nggambar sama sekali. Dan pada akhirnya gue harus bilang, gue bisa, dan berbakat. Hahaha balik lagi deh putri kita yang percaya dirinya selangit ini.

Oh iya, nama fanpage-nya Coretan Harian. Kalau ada admin fanpage itu yang baca tulisan gue, bisa kali gue dikasih apa gitu, kan udah gue bantu promosi ini, wkwk becanda. Gue cuma ngerasa secara nggak langsung fanpage itu memotivasi gue, bilang kalau nggambar itu nggak susah kok, dan it works to me.

Ini gambar yang gue bilang memalukan tapi membanggakan itu. Direpost sama admin fanpage-nya, wow!







Lalu beberapa pekan setelahnya, tibalah hari ini. Kenapa dengan hari ini? Libur? Dan lo cuma membusuk di kamar? Bukaaaaan!
Tadi pagi seperti biasa gue melaksanakan hobi stalking gue, setelah semua urusan penting gue selesaiin pastinya. Kebetulan beberapa hari sebelumnya gue lihat postingan temen gue yang suka jejepangan gitu, namanya Dyah Ayu Savitri. Dia share foto album yang isinya cerita dalam rangkaian gambar-gambar gitu. Bagus ceritanya.
Gue penasaran dong siapa yang bisa bikin gambar dan ide cerita yang keren kayak gitu, maka jadilah gue ngeadd facebook si author yang namanya lumayan panjang, Fatharani Yasmin Shaffiyya Sani.

Lalu sampailah di hari ini, pagi tadi tepatnya, permintaan pertemanan gue diterima, dan saatnya stalking! Hahaha nggak sopan emang, udah nggak bilang apa-apa basa basi gitu kek ucapan terima kasih udah dikonfirm, malah main keluyuran di timeline-nya. Getok aja nih orang, haha jangan dooong.
Jadi buat saudari Fia, atau mungkin gue panggil dek aja ya, salam kenal! Karya kamuh keren-keren deh, apalagi membawa pesan perdamaian dan solidaritas buat Palestina gitu, you're rock girl! Keren banget, maksudnya..

Kemudian dari beberapa fanpage lainnya yang gue stalking, muncul rasa kalau gue harus nyoba gambar. Dan kebetulan hari ini libur, jadilah seharian eh nggak juga sih, beberapa jam gue berkutat sama sketsa. Bermodalkan bolpen standard, notes STAN yang udah nggak kepake, sama spidol item, itu doang, ditambah dengan tekad yang membara, gue mulailah mencoret-coret. Some of my drawings are not really bad, apalagi yang gue ambil posenya standar banget, orang berdiri ngadep depan. Kebanyakan niru dari foto diri gue sendiri, yes narsis itu harus dilestarikan. Sekalinya mau nyoba bikin yang agak ribet, eh gagal total. Well, ini percobaan pertama gue dan lo mau minta hasil yang selevel Leonardo Da Vinci? Oh man, itu gue mendaki gunung melewati lembah juga nggak bakal bisa. Yep, gue lagi pesimis sekali. Gimana enggak, udah gambar dengan sekuat hati pikiran dan jiwa eh yang dikasih liat gambar malah bilang "siapa tuh", padahal itu gambarnya keliatan banget gambar seseorang, tapi nggak ada yg sadar, mulai mewek.

Udah daripada kelamaan, langsung liat hasilnya aja ya, ngomnyang* mulu, pusing.

*ngoceh

when i was so weak, yet tough..



truly, i am..


Jadi gimana?
Amatir banget ya?
Sudah lah, gue tau kok, nggak usah berusaha ngehibur gue, gue baik-baik aja kok, beneran, phlis gue butuh sendiri, tinggalin gue. Plak!
Hahaha~

Daripada makin gila..
Sekarang tuan putri mulai ngantuk, mari kita beristirahat, biar besok bisa tetep ngehits, fyuh~

You are much more precious than you have ever thought..
Oyasuminasai ^_^









Tidak ada komentar:

Posting Komentar